Tanda Sebagai Anak-anak Allah (5)

Kamis, 19 Januari 2017

“Setiap orang yang lahir dari Allah, tidak berbuat dosa lagi; sebab benih ilahi tetap ada di dalam dia dan ia tidak dapat berbuat dosa, karena ia lahir dari Allah. Inilah tandanya anak-anak Allah dan anak-anak Iblis: setiap orang yang tidak berbuat kebenaran, tidak berasal dari Allah, demikian juga barangsiapa
yang tidak mengasihi saudaranya.”
1 Yohanes 3 : 9-10

Pada bagian ini Yohanes menegaskan kepada orang-orang yang telah percaya kepada Yesus, bahwa mereka merupakan orang-orang yang spesial didalam Tuhan!. Hidup mereka telah dimiliki Allah, bahkan mereka hidup menjai anak-anak Allah. Ada beberapa tanda yang mencirikan mereka sebagai anak-anak Allah!.

1. Hidup tidak kompromi dengan dosa lagi ( I Yoh 3:9).
Ungakapan “tidak berbuat dosa lagi” memiliki makna cenderung untuk tidak kompromi untuk melakukan dosa/berbuat dosa. Sebaliknya benih ilahi Kristus yang tinggal dan memerintah dalam hidup mereka (Roma 6:11-12).

2. Hidup lahir dari Allah (I Yoh. 3:9).
Mengalami proses kelahiran baru (pertobatan) didalam Kristus. Melalui karya Roh Kudus yang menuntunnya kepada pengenalan Allah dalam dirinya sehinga pikiran, perasaan serta kehendaknnya diubahkan untuk menjadi seperti Kristus.

3. Hidup dalam kebenaran (I Yoh. 3:10).
Paulus menegaskan, “...kamu sekarang harus menyerahkan anggota-anggota tubuhmu menjadi hamba kebenaran yang membawa kamu kepada pengudusan!”. (Roma 6:19). Melakukan segala perkataan serta perbuatan berdasarkan kebenaran firman yang diperintahkan.

4. Hidup saling mengasihi (I Yoh.3:10).
Allah adalah kasih!. (I Yoh. 4:8). KasihNya itu telah dinyatakan kedalam kehidupan saudara dan saya!... dengan cara Allah telah mengutus anakNya yang tunggal Yesus Kristus ke dalam dunia, supaya kita beroleh hidup yang kekal. Kasih itulah yang Ia mau supaya kita bagikan dan berikan kepada saudara-saudara kita tanpa syarat!.

Saudara yang terkasih dalam Tuhan, marilah kita hidup sebagai anak-anak Allah dengan memiliki ciri kehidupan seperti halnya Kristus. Teladan Kristus telah nyata: hidup dalam kebenaran...dan hidup dengan memberikan kasihNya yang telah nyata: hidup tidak kompromi dengan dosa, hidup dalam kebenaran...dan hidup dengan memberikan kasihNya yang tanpa batas!. Amin. NDP

No comments:

Post a Comment