Tanda Sebagai Anak-anak Allah (1)

Minggu, 15 Januari 2017

" Inilah tandanya anak-anak Allah dan anak-anak Iblis: setiap orang yang tidak berbuat kebenaran, tidak berasal dari Allah, demikian juga barangsiapa yang tidak mengasihi saudaranya.
( I Yoh. 3:10)


Berit minggu ini membahas tema berkenaan dengan “Tanda Sebagai Anak-anak Allah”. Siapakah anak-anak Allah itu?. ...Rasul Yohanes menjelaskan bahwa setiap orang yang menerima Yesus sebagai Tuhan serta Juruselamat, maka diberiNya kuasa untuk menjadi anak-anak Allah (Yoh. 1:12).


Sedangkan pengertian “anak-anak Allah” disini adalah orang-orang yang diperanakkan bukan dari darah mapun dari daging ataupun bukan pula secara jasmani oleh karena keinginan seorang laki-laki, melainkan dari Allah. (Yoh. 1:13)


Dalam nats diatas (I Yoh 3:10), Yohanes mencoba mengkontraskan mengenai tanda-tanda kehidupan sebagai anak-anak Allah dengan akan-anak Iblis!. Ada beberapa tanda eyang akan kita pelajari dan renungkan berkenaan dengan hidup sebagai anak-anak Allah.

1. Anak Allah hidup dalam kebenaran!.
Hidup melakukan kebenaran sesuai dengan apa yang diperintahkan Tuhan kepada kita. Kebenaran yang berdasarkan Alkitab, bukan yang berasal dari sumber manusia dan dunia!. Rasul Yohanes berkata,” dan inilah tandanya, bahwa kita mengenal Allah, yaitu jikalau kita menuruti perintah-periintahNya” (I Yoh. 2:3)

2. Anak Allah hidup mengasihi saudaranya!.
Setiap anak-anak Allah dituntut untuk dapat hidup mengasihi saudaranya tanpa melihat rupa maupun harta!. Barangsiapa yang membenci saudaranya, mereka layak disebut sebagai seorang pembunuh manusia (I Yoh. 3:15). Mengapa kita harus mengasihi saudara-saudara kita?. Karena kita telah mengetahui serta menerima kasih Kristus, yaitu bahwa Ia telah menyerahkan nyawa-Nya untuk kita; jadi kitapun wajib menyerahkan nyawa kita untuk saudara-saudara kita. (I Yoh.3:16).

Saudara yang terkasih dalam Tuhan, kita yang menjadi anak-anakNya oleh karena iman yang kita miliki. Kita percaya bahwa Yesus adalah Tuhan dan Juruselamat satu-satunya. Kiranya hidup yang senantiasa melakukan kebenaran serta hidup dengan mengasihi saudara-saudara yang mewarnai hidup kita setiap hari. Amin. NDP

 

No comments:

Post a Comment