RAHMAT TUHAN SELALU BARU SETIAP HARI (5)

Kamis, 5 Januari 2017

"Tetapi hal-hal inilah yang kuperhatikan, oleh sebab itu aku akan berharap: Tak berkesudahan kasih setia TUHAN, tak habis-habisnya rahmat-Nya, selalu baru tiap pagi; besar kesetiaan-Mu!"
Ratapan 3:21-23

Kalau kita baca dalam kitab Ratapan pasal 3 mulai ayat 1 -23 , maka kita akan menemukan bahwa didikan Tuhan itu berlangsung terus-menerus, bahkan pada Ratapan 3:17 Engkau menceraikan nyawaku dari kesejahteraan, aku lupa akan kebahagiaan. 3:18 Sangkaku: hilang lenyaplah kemasyhuranku dan harapanku kepada TUHAN.
Artinya rasanya hidup yang dijalankan begitu menyakitkan, karena tidak ada lagi kesejahteraan, tidak ada kebahagian, bahkan hidup yang dijalani rasanya seperti orang yang tidak lagi memiliki pengharapan kepada Tuhan. Bahkan dikatakan dalam Ratapan 3:20 Jiwaku selalu teringat akan hal itu dan tertekan dalam diriku.

I. Lalu apa makna Kata Rahmad itu ? kata ini dapat di pahami sebagai berikut :
rah•mat n 1 belas kasih; kerahiman; 2 karunia (Allah); berkah (Allah) ; KBBI rahmat n 1) belas kasihan, kerahim; anugerah, balasan, berkat, ganjaran, kurnia, limpahan, restu; KBBI
yang berati :

1. kemurahan hati, pertolongan sukarela, yang Allah berikan kepada kita, agar kita dapat menjawab panggilan-Nya.
2. keikutsertaan ada kehidupan Allah, ia mengantar kita masuk ke dalam kehidupan Kristus yang paling dalam.
3. bantuan/pertolongan yang Allah berikan kepada kita, supaya kita dapat menjawab panggilan kita menjadi anak Nya.

Lalu apa yang di sampaikan Nabi Yesaya dalam Nubuatannya bahwa akan datang TAHUN RAHMAT TUHAN dimana akan datang seseorang Yang Diurapi/ Kristus/ Mesias…..yang dipakai Tuhan untuk memberitakan kabar baik. Semua orang Yahudi menanti datangnya Mesias/ yang di urapi ini…..datangnya tahun rahmat Tuhan. Bahkan sampai sekarang ini orang Yahudi masih menantikan datangnya Mesias.

II. Apa isi Pesan dalam Rahmat Tuhan itu ? kabar baik bagi orang sengsara, merawat orang yang remuk hati, pembebasan pada orang tawanan, pengelihatan pada orang buta, membebaskan orang-orang yang tertindas, tahun rahmat Tuhan ( Yesaya 61 : 1 dan luk 4 : 18-19 )

III. Bagaimana dapat mengalami Rahmat Tuhan Itu ?
a. Menantikan Tuhan .Yesaya 40:31, Orang yang menanti-nantikan Tuhan dengan taat dan tekun akan mendapatkan kekuatan baru.
b. Mengenal Tuhan dengan betul . (Hosea 6:3).

Memasuki tahun yang baru, marilah kita semua bersyukur karena ada janji Tuhan untuk membuka peluang-peluang baru, kesempatan-kesempatan baru dan harapan-harapan baru seiring dengan turunnya berkat-berkat dan rahmatNya yang baru pula. Jangan lupa syukuri tahun 2016 yang sudah kita tinggalkan , karena dalam apapun yang anda alami tahun ini ada rencana Tuhan yang luar biasa buat kita. Karenanya kita tidak perlu ragu untuk tersenyum bahagia ketika bangun esok pagi. Mari masuki tahun yang baru dengan langkah pasti dan penuh sukacita. (PS)

 

No comments:

Post a Comment