BUANGLAH RAGI YANG LAMA (4)

Rabu, 1 Februari 2017

Buanglah ragi yang lama itu, supaya kamu menjadi adonan yang baru, sebab kamu memang tidak beragi. Sebab anak domba Paskah kita juga telah disembelih, yaitu Kristus. 1Kor 5:7

Pengertian ragi pada nas diatas lebih kepada arti kiasan yang menunjuk kepada keburukan dan kejahatan yang dapat merusak dan menyesatkan kehidupan orang percaya. Bagi Tuhan Yesus hal ini penting sehingga Ia juga mengingatkan murid-muridNya agar menghindari, dan meninggalkan ragi yang lama yang membawa kepada kebinasaan.

MATIKANLAH SEGALA SESUATU YANG DUNIAWI Kol 3:5 Karena itu matikanlah dalam dirimu segala sesuatu yang duniawi, yaitu percabulan, kenajisan, hawa nafsu, nafsu jahat dan juga keserakahan, yang sama dengan penyembahan berhala, Segala sesuatu yang duniawi ini termasuk ragi yang dapat menyebabkan penyesatan dan kebinasaan. Hal duniawi ini selalu menawarkan hal tentang kepuasan diri dan kenyamanan, akan tetapi tanpa disadari kita akan terjerumus didalamnya sampai menemui kebinasaan.

BUANGLAH SEGALA MACAM KEMUNAFIKAN 1Ptr 2:1 Karena itu buanglah segala kejahatan, segala tipu muslihat dan segala macam kemunafikan, kedengkian dan fitnah. Sebagaimana yang Tuhan Yesus nyatakan dalam Luk 12:1 kata-Nya: "Waspadalah terhadap ragi, yaitu kemunafikan orang Farisi. Kemunafikan hanya akan merusak kepribadian dan citra diri kita. Hanya akan menghambat jalan hidup kita, sebab Tuhan sendiri tidak akan memberikan kepercayaan yang lebih dan lebih besar bagi kita.

BUANGLAH SEGALA SESUATU YANG KOTOR Yak 1:21 Sebab itu buanglah segala sesuatu yang kotor dan kejahatan yang begitu banyak itu dan terimalah dengan lemah lembut firman yang tertanam di dalam hatimu, yang berkuasa menyelamatkan jiwamu. Keinginan manusiawi dan cobaan si iblis dapat membutakan mata kita, sehingga kita masih saja melakukan hal-hal yang kotor yang merupakan ragi yang dapat merusak. Pikiran yang kotor, kata-kata yang kotor, perbuatan yang kotor, masih saja dilakukan dalam kehidupan kita sehari-hari. Kita harus membuang semuanya itu.

Hanya RohNya yang kudus akan dapat memampukan kita untuk membuang segala ragi yang lama. Amin (LGS)

 

No comments:

Post a Comment