RAHMAT TUHAN SELALU BARU SETIAP HARI (7)

Sabtu, 7 Januari 2017

"Tetapi hal-hal inilah yang kuperhatikan, oleh sebab itu aku akan berharap: Tak berkesudahan kasih setia TUHAN, tak habis-habisnya rahmat-Nya, selalu baru tiap pagi; besar kesetiaan-Mu!"
Ratapan 3:21-23

Kata Rahmat dalam kamus Indonesia memiliki makna “Belas Kasihan” atau “Karunia” atau “Berkah”. Yeremia ingin menyatakan kepada orang-orang Israel bahwa belas kasihan, karunia dan berkah Tuhan itu tidak akan pernah habis!. Bahkan akan selalu baru datang setiap pagi/hari dalam kehidupan orang-orang percaya. Pemazmur berkata, “RahmatMu berlimpah, ya Tuhan, hidupkanlah aku sesuai dengan hukum-hukumMu”. (Maz 119 : 156). Rasul Paulus juga menegaskan, “Tetapi Allah yang kaya dengan Rahmat,... “. (Efesus 2 : 4).
Alkitab mencatat beberapa hal penting berkenaan dengan Rahmat.

1. Allah menunjukkan RahmatNya kepada nenek moyang kita (Lukas 1 : 72).
Hal itu untuk mengingatkan serta mengikat kita kepada perjanjianNya melalui bapa leluhur (Abraham, Musa, dsb). Hal itu bertujuan agar kita dapat terlepas dari musuh serta beribadah kepada Tuhan dengan tidak takut (Lukas 1 : 74)
2. Allah memberikan rahmatNya kepada orang-orang yang takut akan Dia (Lukas 1 : 50).
Takut Tuhan akan diberikan kepada orang-orang yang mengasihiNya. Manusia sebagai salah satu orang yang patut untuk menerima rahmat itu setiap manusia yang mau mentaati Tuhan dan rasa takutnya kepadaNya menjadikan Tuhan berkenan dilimpahkan rahmatNya dalam kehidupan manusia. Maria beroleh kasih karuniaNya (Lukas 1 : 30) serta Tuhan berkenan menyertai Maria (Lukas 1 : 28)
3. Allah menurunkan rahmatNya atas Israel (Efesus 6 : 16)
Israel sebagai milik Allah diperkenan untuk mendapatkan rahmat serta damai sejahtera. Agar mereka hidup beroleh pengharapan yang benar di dalam Tuhan, sebagai ciptaan baru. (Efesus 6 : 15).

Saudara yang terkasih di dalam Tuhan, marilah kita bersama memasuki hari yang baru... minggu yang baru... bulan yang baru... dan tahun yang baru 2017 dengan penuh keyakinan baru Rahmat Tuhan akan senantiasa dilimpahkan kepada saudara dan saya di sepanjang tahun ini. Amin. NDP

 

No comments:

Post a Comment