BERITAKANLAH FIRMAN (6)


Beritakanlah firman, siap sedialah baik atau tidak baik waktunya, nyatakanlah apa yang salah, tegorlah dan nasihatilah dengan segala kesabaran dan pengajaran.( 2 Tim. 4:2 )

Beritakanlah Firman yang dimaksudkan dalam kitab Timotius ini adalah keberanan yang dijarkan oleh rasul Paulus kepada anak rohaninya Timotius. Kitab Timotius sendiri ditulis oleh rasul Paulus. Rasul Paulus mengajar Timotius bermaksud supaya Timotius menjadi seorang pekabar injil kepada semua orang. Apa yang kita pelajari sebagai dasar renungan kita minggu ini berkenaan dengan Beritakanlah Firman. 

Mengapa kita harus memberitakan Firman?
a. Beritakanlah Firman berarti sebuah Kehidupan. Kita mengerti sebagai orang Kristen betapa penting sekali Firman Tuhan maka didalam Alkitab ada tertulis bahwa Firman adalah kehidupan.  Manusia tidak hanya hidup berdasarkan roti saja melainkan hidup oleh setiap kebenaran Firman itu yang dituliskan oleh Alkitab ketika Tuhan Yesus dicobai dipadang gurun (Luk 4:4).

b. Beritakanlah Firman berarti perubahan Hidup. Manusia telah rusak, penuh dengan dosa sehingga manusia jauh, terpisah, bahkan kehilangan kemuliaan Allah. Jalan satu-satunya yang dapat dilakukan oleh Bapa untuk menyatukan manusia dengan Dia tidak ada cara lain dengan menurunkan dan mengorbankan Anak-Nya Yesus Kristus.  Yesus adalah seorang penginjin yang membawa perubahan besar bagi ummat manusia setelah ia mati dan naik kesurga Ia memerintahkan kepada kita murid untuk menjadikan semua bangsa murid-Nya ( Mat 28:19-20)

c. Beritakanlah Firman berarti cahaya kehidupan.Sudah terlalu banyak orang telah kehilangan nilai-nilai kebenaran atau prinsip-prinsip dalam hidup sebagaimana seharusnya manusia itu hidup. Banyak sekarang kita dapati sedang terjadi manusia kehilangan moral dalam hidup sebagai contoh: korupsi dimana-mana, pembunuhan, perperangan, perampokan, pemerkosaan, obat terlarang. Semua kasus ini terjadi diakibatkan karena mereka sudah terhilang bahkan jauh dari Tuhan. Jalan satu-satunya yang dapat kita lakukan adalah menjadi saksi Kristus dengan memberitakan Firman Tuhan, sebab Firman terang bagi setiap jalan hidup “ Maz 119:105” (Bb).

No comments:

Post a Comment