MENILAI SESEORANG DENGAN UKURAN KRISTUS (4)


2 Korintus 5:16-17


Dalam 2 ayat tersebut diatas, Rasul Paulus sesungguhnya sedang menjelaskan tentang 2 macam kristen. Yaitu orang kristen duniawi dan orang kristen rohani.

1. Orang Kristen Duniawi ( I Korintus 2 : 14).
Yaitu orang kristen yang belum lahir baru karena tidak mau bertobat, hidupnya diperbudak oleh kedagingan dan hawa nafsunya sendiri. Mereka itu masih bersahabat dengan duniawi bahkan mereka itu menjadi milik duniawi (Efesus 2:1-3). Orang semacam ini tidak memiliki Roh Kudus (Roma 8:9) dan orang semacam ini tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah karena dibawah kuasa si Iblis. contohnya seperti kesaksian Paulus sendiri sebelum bertobat (Kisah Rasul 28:1-18). Resiko menjadi orang kristen duniawi akan mengalami kematian secara rohani (Roma 8:13). Belajar kepada bangsa Israel yang mengalami kematian secara rohani sampai kepada kematian secara jasmani (I Korintus 10:1-13).

2. Orang Kristen Rohani (I Koritus 2:15).
Yaitu Orang kristen yang sungguh-sungguh percaya kepada Yesus, bertobat, menerima Dia sebagai Tuhan dan Juruselamatnya, mengalami pembaharuan hidup (lahir baru). Alkitab berkata dalam Efesus 4:24 : “Dan mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya.” Orang kristen rohani itu akan terus menerus berada didalam Kristus, melekat dengan Dia seperti ranting yang melekat pada pokok anggur yang benar. Yang kesukaannya adalah Taurat Tuhan dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam dan hidupnya akan menjadi seperti pohon yang ditanam ditepi aliran air, yang menghasilkan buah pada musimnya dan yang tidak layu daunnya, apa saja yang diperbuatnya berhasil. Pembaharuan ini tetaplah baru sampai selama-lamanya.

Oleh sebab itu taruhkanlah pengharapan kita kepada Kristus itu bukan hanya untuk hidup sekarang ini saja, namun taruhkanlah pengharapan hidup kita kepada Kristus sampai hidup yang akan datang. Amin. (BS)

No comments:

Post a Comment