ROH KUDUS PENGHIBUR YANG SEJATI (5)




( Yoh. 14:16-17 )

Kenaikan Yesus ke sorga dimaknai oleh para murid sebagai suatu perpisahan. Yesus akan meninggalkan mereka ke bumi ini. Namun ditengah situasi galau yang dialami murid-murid Yesus mengatakan, “ Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran….

Islilah Yunani yang diterjemahkan sebagai “ Penolong” atau “Penghibur” di dalam nats tersebut adalah “Parakletos”. yang berarti “Yang bergagasan seperti memberi nasehat atau mendukung seseorang”. 

Roh tersebut akan tinggal dan mendiami orang percaya dalam rangka melakukan melaksanakan tugas kehidupannya. Dan Roh Kudus sebagai Parakletos kita akan menjadi “Penolong” kita, Pendukung kita, Penghibur kita, serta Penasehat kita. 

Dalam menghadapi kehidupan ini kita sering menjadi lemah dan lelah!. Bahkan kesedihan serta air mata membasahi wajah kita. Namun dengan kehadiran Roh Kudus dalam hidup kita, Roh akan senantiasa menguatkan dan memampukan  dalam menghadapi tantangan hidup. Bahkan Roh itu akan terus memperbaharui hidup kita!. Sehingga hidup kita menjadi semakin bermakna dengan penghiburan yang sejati. 

Kiranya melalui karya Roh Kudus menjadikan roh kita selalu tetap bersukacita, sekalipun badai dan ombak kehidupan silih berganti menerpa kita. Bahkan karya Roh Kudus sebagai Penolong dan Penghibur juga mampu untuk berperan aktif mendampingi dan memberi nasehat serta bimbingan kepada orang percaya dalam mengerjakan tugasnya sebagai saksi-saksi Kristus dibumi ini. 

Saudara yang terkasih dalam Tuhan Yesus, Roh Kudus sebagai Penghibur yang sejati akan senantiasa:
1. Menuntun hidup orang percaya kepada kebenaran. ( Yoh. 16:13 )
2. Memampukan hidup orang percaya dalam menghadapi persoalan. ( KPR 7:55-59 ).
3. Menasehati hidup orang percaya dalam tugas menjadi saksiNya. ( Kis. 1: 8 ).
4. Menyertai hidup orang percaya selama-lamanya. ( Yoh. 14:18 ). 
NDP.

No comments:

Post a Comment