PENTAKOSTA (1)


Ketika tiba hari Pentakosta, ... dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing. Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, ... (Kisah Rasul 2:1-4).

Berit minggu ini membahas tema berkenaan dengan “Pentakosta”. Peristiwa Pentakosta itu terjadi 50 hari sesudah kebangkitan Yesus. Hal itu juga sebagai penggenapan dari nubuatan nabi Yoel. "Kemudian dari pada itu akan terjadi, bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia, ... orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi, teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan....” ( Yoel 2:28-29).

Ada beberapa hal penting yang dapat kita pelajari serta renungkan dalam peristiwa Pentakosta melalui nats diatas.

1. Pentakosta menjadi dasar bagi kebangkitan gereja Tuhan!.
Sebelum peristiwa Pentakosta, gereja berjalan kurang terarah. Bahkan gereja tidak memiliki wadah yang jelas. Namun setelah peristiwa pencurahan Roh tersebut, gereja mampu bergerak menjadi garam dan terang bagi bangsa-bangsa. Darah penginjilan inilah mengalir kepada murid-murid untuk pergi sebagai saksi-saksi Kristus.

2. Pentakosta sebagai lawatan Allah!.
Peristiwa Pentakosta sangatlah kongkrit!. Orang-orang yang hadir ditempat tersebut dapat melihat serta merasakan kehadiran Roh Kudus. Hal itu berdampak memberikan kelegaan... kelepasan... kedamaian.. sukacita yang besar atas mereka. Mereka juga melihat seperti ada lidah-lidah seperti nyala api.

3. Pentakosta menjadi peristiwa kepenuhan Roh Kudus!.
Mereka yang hadir akhirnya di penuhi dengan Roh Kudus. Peristiwa pembaptisan Roh Kudus terjadi kepada orang-orang percaya. Akibatnya Roh Kudus berkenan tinggal serta memenuhi hidup mereka. Mulai saat itu hidup mereka dipimpin serta dikendalikan oleh Roh Kudus. 

4. Pentakosta ditandai dengan hal-hal yang ajaib!.
Mereka berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain. Bahasa-bahasa lain disini adalah juga bahasa-bahasa yang biasa dipakai oleh manusia. Artinya, bahasa-bahasa manusia yang dapat dimengerti oleh manusia.

Saudara yang terkasih, marilah kita bersama meyambut serta memperingati hari Pentakosta dengan keyakinan bahwa Roh Kudus yang telah dicurahkan atas orang percaya merupakan Roh yang senantiasa memimpin dan menolong kehidupan anak-anakNya. Amin. NDP

No comments:

Post a Comment