PENTAKOSTA (5)




Minggu ini Berit membahas mengenai “Pentakosta”. Bagi gereja-gereja Pentakosta (kelompok kharismatik) hal ini bukan lagi menjadi sesuatu yang asing!. Tetapi merupakan moment yang menjadi dasar bagi pergerakan gereja. R. Dixon berkata, “Bisa juga dikatakan, bahwa gereja bangkit setelah peristiwa Pentakosta.. sebab peristiwa itu mampu menyebabkan semangat murid-murid Yesus memberitakan Injil Tuhan”.

Peristiwa ini terjadi 50 hari setelah Yesus bangkit, atau 10 hari setelah kenaikanNya ke sorga. Hal ini terjadi di satu tempat, tepatnya di kota Yerusalem. Dalam bahasa Yunani, Pentakosta berarti “ kelima puluh”.

Dalam Perjanjian Lama hari raya Pentakosta merupakan perayaan pengucapan syukur bagi orang-orang Yahudi (Israel) atas keberhasilan panen gandum mereka. Mereka membawa bungaran gandum untuk dipersembahkan kepada Allah!. Pesta itu dirayakan selama 7 minggu lamanya. Itu sebabnya hari raya Pentakosta juga dikenal dengan nama hari raya “ Tujuh Minggu” (Ulangan 16: 10).

Dalam Perjanjian Baru Pentakosta berhubungan dengan turunannya Roh Kudus (Kis 2:1-13). Ada beberapa hal penting yang dapat kita pelajari melalui peristiwa Pentakosta.

1. Peristiwa sangat meneguhkan iman murid-murid Yesus.
Allah telah menggenapi janjiNya! NubuatNya benar, tepat dan dapat dipertanggung-jawabkan (Bdk. Yoel 2:28-29 ; Kis 2:17-18).

2. Kedatangan Roh Kudus sebagai bukti bahwa Yesus benar- benar telah ada di dalam sorga. Yesus masuk dan berkuasa disorga! Itu sebabnya Dia dapat menyuruh Roh Kudus datang ke dalam dunia!. Jika Yesus tidak naik ke sorga maka Roh Kudus tidak akan datang kepada kita.

3. Pentakosta terjadi untuk memberikan kuasa didalam kehidupan untuk murid Yesus (Kis. 1:8). Dengan kuasa itulah mereka ditetapkan untuk menjadi saksi-saksi Kristus dalam menghadirkan Kerajaan Allah dibumi ini!. 

4. Peristiwa itu menyatukan umatNya untuk menjadi satu tubuh serta diberi minum dari satu Roh!. Tidak ada lagi orang Yahudi,  orang Yunani baik budak maupun orang merdeka, yang putih ataupun yang hitam. Tetapi kita telah menjadi satu didalam Roh KudusNya.

5. Pentakosta dapat disebut permulaan gereja Kristus!. Sebab setelah  peristiwa itu gereja dapat bergerak lebih terarah, teratur. Mereka bergerak untuk penginjilan sedunia (ujung bumi).
Amin. NDP

No comments:

Post a Comment