JANGAN LALAI MEMPERGUNAKAN KARUNIA (2 )


“Jangan lalai dalam mempergunakan karunia yang ada padamu, yang telah diberikan kepadamu oleh nubuat dan dengan penumpangan tangan sidang penatua. ( I Timotius 4:14).

Kitab Timotius yang ditulis oleh rasul Paulus kepada Timotius berkenaan dalam hal pelayanannya. Dalam kitab Timotius ini Rasul Paulus ingin menekankan agar Timotius berhati-hati untuk menghadapi ajaran-ajaran sesat yang mengatas namakan ajaran Yesus, oleh sebab itu Paulus mengigatkan agar Timotius tidak lalai dalam mempergunakan karunia yang dimilikinnya. Berbicara tentang karunia pada Setiap kita manusia memiliki karunia-karunia yang berbeda yang Tuhan anugrahkan, tetapi yang terjadi Pada zaman sekarang ini  banyak orang salah atau lalai dalam mempergunakan karunia hanya untuk mementingkan diri sendiri. 

Apa yang akan kita pelajari sebagai dasar renungan kita minggu ini berkenaan dengan jangan lalai mempergunakan karunia.
1. Karunia jenis apapun harus digunakan. Pada konteks ini Karunia atau talenta yang kita terima dari Allah harus terus diasah untuk membantu kita mengembangkan pelayanan kita sebab dunia semakin dipenuhi oleh penyesat-penyesat atau guru-guru palsu. Oleh sebab itu Paulus memperingatkan Timotius agar waspada dan jangan lalai untuk menghadapi penyesat dalam pelayanan yang akan dihadapai.

2. Karunia tidak dilihat dari usia. Setiap manusia baik tua, muda, bahkan anak-anak tidak menutup kemungkinan bahwa kita dapat menjadi teladan dan contoh bagi banyak orang asal kita sadar bahwa kita memiliki karunia dan mau hidup dalam karunia itu sendiri (1 Tim 4:12). Sering sekali kita merasa ragu dan tidak yakin dengan diri kita sendiri untuk melakukan segala sesuatu padahal kita mampu dan pada akhirnya kita lalai dalam mempergunakan karunia yang kita miliki.

3. Karunia memampukan dalam pelayanan. Jemaat Tuhan harus terus aktif dan bergerak untuk gereja-gereja Tuhan agar berkembang. Apa yang bisa kita lakukan itu yang kita kerjakan bagi kemuliaan nama Tuhan, bukan hanya pemimpin atau gembala gereja tetapi jemaat Tuhan mampu melayani dengan karunia apa yang dimiliki walaupun dampaknya kecil tapi itu sangat berarti.(Bb)

No comments:

Post a Comment