JANGAN LALAI MEMPERGUNAKAN KARUNIA (1)


“Jangan lalai dalam mempergunakan karunia yang ada padamu, yang telah diberikan kepadamu oleh nubuat dan dengan penumpangan tangan sidang penatua. ( I Timotius 4:14).


Karunia Roh yang diberikan kepada orang percaya merupakan suatu kemampuan atau kesanggupan atau alat. Sebagai haknya seorang petani yang bekerja disawah butuh cangkul, sabit serta peralatan pertanian lainnya. Demikian juga dalam ladang pelayanan gereja!. Dalam menuju akan pelayanan pembangunan tubuh Kristus, Roh Kudus yang dikaruniakan kepada kita memberi kesanggupan untuk mengerjakan setiap tugas pelayanan yang dipercayakan kepada saudara dan saya.

Ada beberapa hal penting yang perlu kita renungkan melalui tema diatas.
1. Pergunakan setiap karunia dengan bertanggung jawab!. 
Apapun karunia yang diberikan kepada kita...dan berapapun karunia yang dipercayakan kepada saudara dan saya...marilah kita dengan bertanggung jawab mempergunakan dengan tujuan untuk kemuliaan Tuhan serta membangun pelayanan dalam tubuh Kristus. Bukan untuk tujuan yang lain. 

2. Pergunakan setiap karunia dengan benar.
Pengertian benar disini lebih kepada motivasi dan tujuan. Semua karunia yang kita miliki patut untuk disyukuri, terlebih kita akan selalu melakukannya dengan tulus dan sepenuh hati. Ada keiklasan dan tanpa pamrih, bahkan bukan kemegahan diri. Berdoa agar Tuhan selalu membimbing kita untuk mampu membuat prioritas serta lebih fokus kepada sasaran dan tujuan.

3. Pergunakan setiap karunia dengan bersama-sama!
Tanpa melihat perbedaan: tua-muda, wanita-pria, aktifis-jemaat, dsb...marilah kita bergandeng tangan, bersinergi untuk mengembangkan pelayanan yang dipercayakan melalui gereja ditempat ini. Kesatuan dan kebersamaan akan menjadikan karunia-karunia Roh itu menjadi lengkap dan sempurna, sehingga bebanpun menjadi ringan.

Saudara yang terkasih dalam Tuhan, jangan lalai dalam mempergunakan karunia Roh Kudus!. Marilah kita bersama mau mempergunakan setiap karunia Roh dengan benar dan bertanggung jawab!. Dengan tidak egois, sebaliknya mau bekerjasama dan bergandeng tangan mempergunakan setiap karunia Roh yang dipercayakan Tuhan kepada saudara dan saya. Amin. NDP

No comments:

Post a Comment