JANGAN LALAI MEMPERGUNAKAN KARUNIA (7)



1 Timotius 4:14,“Jangan lalai dalam mempergunakan karunia yang ada padamu, yang telah diberikan kepadamu oleh nubuat dan dengan penumpangan tangan sidang penatua”

Lalai :Ameleo   artinya: 1.Tidak perhatian =acuh; 2.Tidak memiliki pandangan kedepan =tidak visioner. Gereja Tuhan tentunya harus memiliki pandangan kedepan (Visioner). Kita tidak akan memiliki pandangan jauh kedepan kalau kita lalai melayani Tuhan. jangan lalai mempergunakannya karunia arunia Roh, yang Tuhan sudah berikan kepada kita. Hal ini juga berbicara mengenai jangan padamkan Roh. 

Setidaknya  ada 3 katagori dasar dari karunia Rohani yakni karunia yang menonjol dalam diri kita yaitu Karunia untuk mengajar, karunia untuk Bernubuat, Karunia untuk menyembuhkan-berbahasa roh (Muzijat).  Karunia Rohani adalah Kesanggupan kelimpahan Illahi yang diberikan Tuhan kepada setiap orang percaya sejati kepada Yesus Kristus, Roh Kudus melimpahkan karuniaNya kepada gereja dan kita adalah orang- orang yang melaksanakan program kerja Tuhan ,kita yang diberi visi ,misi pelayanan yang harus kita capai dengan karunia karunia Rohani.

Terakhir dalam 1 Korintus 14:12, Paulus berkata kepada orang-orang percaya di Korintus untuk menggunakan karuniar-karunia mereka untuk memberkati saudara-saudari, Allah akan memberikan lebih banyak karunia lagi karena Dia ingin melepaskan karunia-karunia kepada mereka yang menjalankannya sesuai kehendakNya. Dan sebaliknya, Dia tidak akan melepaskan karunia kepada mereka yang lalai. Sayangnya, banyak orang Kristiani mencari “urapan baru” dan “karunia-karunia baru” padahal mereka tidak akan pernah memperolehnya sebelum mereka memenuhi kewajiban terhadap karunia-karunia rohani yang sudah ada pada mereka. 

Hukum tabur tuai akan selalu bermanfaat kepada anda,  begitu anda mengobarkan karunia memberi anda dan menabur uang anda, maka anda akan melepaskan uang dari berkat-berkat Allah yang selanjutnya akan dipergunakan untuk memenuhi karunia memberi anda. Kedua, begitu anda menggunakan karunia rohani anda (memberi memberkati orang hidup darinya, anda akan menuai karunia-karunia rohani yang akan ditaburkan orang ke dalam hidup anda).

Roh Kudus yang menugaskan setiap orang secara individual menurut kehendakNya 1kor 12:11  ;Ef 4:7. Tetapi Allah telh memberikan kepada anggota masing masing secara khusus, seperti yang dikehendakaiNya (1 Kor 12:18). 

Kita semua  mempunyai  talenta , percaya dan mengimani serta melakukan Firman,  itu adalah merupakan nafas hidup untuk  bersatu dengan Allah di dalam hidupkita..selanjutnya saudara- saudaraku.

Mari kita kuat didalam Tuhan, jangan lalai (Kisah 1:1) “Kamu akan menerima kuasa apabila Roh Kudus turun keatasmu, dan kamu akan menjadi saksiKu di Yerusalem, dan seluruh Yudea dan Samaria sampai keujung bumi”. Gereja meneruskan pelayanan, gunakan kesempatan melayani Tuhan, Mari apa yang bisa kita kerjakan  untuk melayani Tuhan.Tuhan Yesus Memberkati. (Ev.Simons)

No comments:

Post a Comment