BERJUANGLAH UNTUK MEMPERTAHANKAN IMAN (5)



Saudara-saudaraku yang kekasih, sementara aku bersungguh-sungguh berusaha menulis kepada kamu tentang keselamatan kita bersama, aku merasa terdorong untuk menulis ini kepada kamu dan menasihati kamu, supaya kamu tetap berjuang untuk mempertahankan iman yang telah disampaikan kepada orang-orang kudus.(Yudas 1:3)

Mempertahankan iman yang telah disampaikan kepada orang-orang kudus” Kata Yunani  epagoonizomai artinya: “bertempur” atau “berjuang”. Ibrani 11:6 di katakan tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Tuhan, Jika kita percaya pada Tuhan Yesus dan terus fokus kepada Tuhan maka mujizat demi mujizat akan  terjadi.
Kita harus memiliki identitas orang percaya (Ibrani 3:1):
 1. Mempunyai Gaya Hidup yang Kudus.  kepada mereka yang percaya kepada Tuhan Yesus dan hidup kudus. 2 Kor 5:17” Harus ada suatu perubahan/transformasi  dalam hidup kita, kita harus menjadi berbeda dengan dunia ini. (Ibrani 12:14) Kalau kita mau naik ke level yang selanjutnya dan menang dalam perjuangan kita, kita harus hidup kudus. (1 Petrus 1:14-16) Kekudusan berasal dari Allah sendiri. Roma 3:10,23 ”Kita kudus karena Yesus telah mengambil dosa kita di bukit Golgota”

 2. Pikiran Surgawi. Kalau kita membaca Firman Tuhan dan melakukannya, maka kita akan mulai berpikir seperti Tuhan. (Kolose 3:1-3) kematian kita bersama Yesus kemudian dibangkitkan bersama Yesus. Kunci kemenangan karena cara berpikir kita sudah diubahkan oleh Tuhan.

3. Hati untuk Yesus. Kita harus berfokus kepada Yesus, pikiran dan hati harus terarah kepada Yesus. Kalau kita berfokus kepada Yesus maka mujizat-mujizat akan terjadi dalam hidup kita. Selama Petrus berfokus kepada Yesus maka ia bisa berjalan di atas air tapi ketika ia mulai memandang kepada suasana sekitarnya maka ia mulai tenggelam..

Iman harus dipertahankan, yaitu “iman yang telah disampaikan kepada orang-orang kudus”. Kita umat beriman telah menerima iman yang disampaikan kepada orang kudus zaman dahulu, melalui orang tua atau pemberitaan Injil yang dilakukan orang lain. Iman itu telah disampaikan melalui tulisan kudus yaitu Kitab Suci yang telah kita pegang sebagai warisan rasuli. 

Rupanya kebebasan dan kemerdekaan hidup di dalam Sang Juruselamat diartikan kebebasan melakukan apapun. Rasul Paulus mengingatkan dalam Galatia 5:13 sbb: “Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih”. Tuhan Yesus Memberkati. (Ev Mons).

No comments:

Post a Comment