PENTAKOSTA (2)




Roh Kudus adalah Roh Allah, Roh yang keluar dari Allah, Roh yang di miliki Allah, Roh Kepunyaan Allah.( Kej 1 :2 ), Roh Kudus adalah Roh kekekalan, (Ibrani 9:14) Dia mempunyai sifat ilah yang sama dengan Allah, Roh kudus adalah Roh yang kekal, sebelum dunia di ciptakan,sesudah diciptakan bahkan setelah dunia di musnahkan, Dia Tetap ada. Dia tidak di batasi ruang dan waktu, Roh kudus adalah Roh kebajikan, karakter moral Roh kudus adalah kudus, Roh kudus adalah Roh kemulyaan, menyatakan kemulyaan Allah, Roh kudus adalah Roh kebenaran, adalah roh yang memberikan kebenaran, Roh yang memberikan pewahyuan (efesus 1:17-18), Roh kudus yang membangkitkan kesadaran,mengisyafkan manusia, Roh kudus adalah Allah yang berdaulat .
Kepenuhan Roh Kudus  (Kis 2 : 4 ) “ Maka Penuhlah mereka dengan Roh Kudus......” Kata penuh mengandung arti tidak ada lagi ruang, rongga semuanya sudah terisi, Yang artinya seluruh ruang yang ada dalam hidup kita terisi penuh, hidup kita dikuasahi oleh Roh kudus.

Takut akan Kristus merupakan pangkalan moral dan etika umat pilihan Allah (efesus 5 : 17-21) takut akan kristus merupakan sebagai akibat dari kepenuhan Roh Kudus. (Sethepen thong;1995), aspek kepenuhan Roh kudus berdampak pada perubahan hidup yang lebih baik sehingga menjadi berkat bagi orang lain, dampak kepenuhan Roh kudus berpengaruh pada hati yang bisa mengasihi Tuhan  dan sesama, aspek kepenuhan Roh Kudus memiliki kuasa untuk mengampuni. (efesus 4:30-32).

Kuasa : kemampuan atau kesanggupan. kekuatan. (Porwadarminta;2003), Mengampuni : dari kata ampun/maaf : pembebasan dari tuntutan (kesalahan,kekeliruan jadi mengampuni/memaafkan memberikan ampun atas kesalahan
Mengapa harus mengampuni ? Tuhan Mengampuni kita ( Markus 2 : 10), Bapa di surga mengampuni (Markus 11 :25), Dosannya di ampuni ( Yohanes 20:23), Kita diampuni Tuhan ( Markus 11 :25,26). Berapa Kali Mengampuni, tidak terbatas (Matius 18 :21-22). (PS)

No comments:

Post a Comment