JANGAN LALAI MEMPERGUNAKAN KARUNIA (3)


“Jangan lalai dalam mempergunakan karunia yang ada padamu, yang telah diberikan kepadamu oleh nubuat dan dengan penumpangan tangan sidang penatua. ( I Timotius 4:14).


Minggu ini berit membahas berkenaan dengan “Jangan Lalai Mempergunakan Karunia”. Merupakan tema penting yang perlu untuk dimengerti oleh gerejaNya dalam rangka membangun tubuh Kristus.

Karunia yang dimaksud di dalam nats diatas adalah berkaitan dengan karunia-karunia Roh Kudus!. Karunia berbeda dengan berkat kepandaian atau keahlian dari pada seseorang yang dibawanya sejak lahir. Sebaliknya, karunia-karunia Roh merupakan kemampuan khusus yang Tuhan berikan kepada  setiap orang percaya dan menerima Yesus sebagai Tuhan serta Juruselamat.

Ada 3 Kitab yang ditulis oleh Rasul Paulus yang menjelaskan mengenai karunia-karunia Roh: Kitab Roma 12:6-8; I Kor. 12;4-7, Efesus 4:11. Ada sekitar 17 karunia Roh yang berbeda-beda yang ditulis dalam nats-nats tersebut. Setiap orang percaya minimal diberikan satu karunia (I Pet. 4:10). Namun juga tidak ada satu orang Kristen pun yang mempunyai semua karunia itu ( I Kor. 12:29-30). Dan yang terpenting bahwa kita ini diberikan karunia-karunia yang berbeda serta jumlah yang berbeda-beda.

Adapun karunia-karunia tersebut diberikan kepada saudara dan saya dengan harapan serta tujuan.
1. Untuk memuliakan Tuhan saja (Wahyu 4:11).
Tuhan yang ditinggikan melalui karunia-karunia itu!. Bukan untuk kesombongan serta memegahkan diri. Semua karunia Roh itu semata-mata hanya untuk memuliakan Tuhan melalui pelayanan yang kita lakukan.

2. Untuk pembangunan tubuh Kristus (Efsus 4:12).
Setiap karunia yang diberikan untuk memperlengkapi orang percaya dalam pelayanan serta pengembangan tubuh Kristus. Melalui karunia-karunia Roh Kudus yang dimiliki setiap orang percaya pembangunan tubuh Kristus dikerjakan.

Saudara yang terkasih dalam Tuhan, marilah kita bersama mau mensyukuri setiap karunia Roh yang dipercayakan kepada kita. Mari kita bergandeng tangan dan bekerja sama membangun pelayanan serta tubuh Kristus yang dipercayakan kepada saudara dan saya dengan karunia yang kita miliki. Amin. NDP

No comments:

Post a Comment