BERJUANGLAH UNTUK MEMPERTAHANKAN IMAN (2)

Saudara-saudaraku yang kekasih, sementara aku bersungguh-sungguh berusaha menulis kepada kamu tentang keselamatan kita bersama, aku merasa terdorong untuk menulis ini kepada kamu dan menasihati kamu, supaya kamu tetap berjuang untuk mempertahankan iman yang telah disampaikan kepada orang-orang kudus.(Yudas 1:3)

Berjuang dapat di artikan sebagai berikut :
1. “epagonizomai, Yun “ mengambarkan pertempuran yang di ikuti oleh semua orang percaya yang setia dalam rangka mempertahankan iman.  Kata ini bila di terjemahkan secara harafiah berarti “bergumul, menderita di bawah tekanan besar’ atau berjuang dalam pertempuran besar “ yang artinya kita harus mengerahkan segala tenaga kita untuk mempertahankan iman sekalipun itu menuntut pengorbanan yang besar meskipun harus mati syahid demi injil.
2. Memperjuangkan iman berarti ia berhadapan langsung dengan mereka di dalam gereja yang menyangkal kekuasaan Alkitab, memutar-balikan iman yang sejati sebagai mana yang telah di sampaikan Yesus mengenai ajaran-ajaran sesat, nabi-nabi dan guru guru   palsu.
Mempertahan : dapat dipahami sebuah sikap tindakan atau mengusahakan  supaya tetap dan tidak bertubah, membiarkan pada keadaan yang semula, memegang teguh tidak ( mau melepaskan) KBBI
Iman : kata iman dapat di pahami dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat. (Ibrani 11:1) Jadi iman itu terdiri dari injil yang di beritakan oleh Kristus dan para rasul, iman merupakan kebenaran yang sudah kokoh  dan tidak bisa berubah.

Mengapa kita perlu mempertahankan iman? Matius 16:19  “Kepadamu akan kuberikan kunci kerajaan sorga, apa yang kau ikat di dunia ini akan terikat di surga dan apa yang kau lepaskan di dunia ini akan terlepas di surga”. 

Bagaimana kita mempertahan iman itu ?
1. Wahyu 2 : 10 “ ...hendaklah engkau setia sampai mati ...”  karena barang siapa menang ia akan : 
a. Wahyu 2: 17  “... tertulis nama baru ...”
b. Wahyu 2: 26 ”...kuasa untuk bangsa- bangsa “
c. Wahyu 3:5 ”...namanya tidak akan di hapus dari kitab kehidupan ... ”
d. Wahyu 3:12 ”...di jadikan soko guru ..”
e. Wahyu 3:21 ”.... duduk bersama dengan Allah Bapa di surga ...)
2. Tetap konsisten dengan apa yang kita yakini. (PS)

No comments:

Post a Comment