PENTAKOSTA (3)






Ketika tiba hari Pentakosta, ... tiba-tiba tampaklah dari langit  suatu bunyi seperti tiupan  angin keras... Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, ... (Kisah Rasul 2:1-4).

Dalam Perjanjian Lama, Pentakosta merupakan nama Yunani untuk suatu perayaan yang dikenal dengan “perayaan Tujuh Minggu”. (Imamat 23:15). Kata tersebut dalam bahasa Yunani berarti, “lima puluh”. (menunjuk pada 50 hari yang telah berlalu sejak persembahan rujukan pada saat Paskah). Perayaan Tujuh Minggu menjadi  perayaan akhir dari pemurnian biji-bijian/jelai.

Peristiwa Pentakosta merupakan penggenapan ucapan Yesus dalam Injil Yohanes, “Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran.” (Yohanes 14: 16-17a). Turunnya Roh Kudus kepada muridNya ditandai dengan hal-hal yang spektakuler: suara tiupan angin yang turun dari langit, lidah-lidah seperti nyala api, bahasa-bahasa lain yang bermunculan, dsb.

Alkitab mencatat beberapa hal penting dampak Pentakosta bagi hidup umatnya... Kita akan melihat apa yang terjadi dalam kehidupan Rasul Paulus.
1. Khotbah Petrus yang dasyat!. (Kisah Rasul 2:41).
Seorang murid Petrus yang pernah menyangkal Yesus sebanyak 3 kali ketika hidupnya dipenuhi Roh Kudus... sekali berkhotbah ada + 3.000 orang menjadi bertobat serta memberi diri untuk dibaptis.

2. Petrus menyembuhkan orang lumpuh (Kisah Rasul 3:6-8).
Ketika Petrus dan Yohanes datang ke Bait Allah untuk bedoa. Disitu ada seorang laki-laki yang lumpuh yang hendak meminta sedekah. Petrus mendoakannya.... menjamahnya... serta memegang tangan kanan orang itu dan membantunya untuk berdiri. Maka orang itu beroleh kesembuhan melalui doa hambaNya. 

3. Petrus bersaksi dihadapan Mahkamah Agama (Kisah Rasul 4:10-12).
Sekalipun Petrus ditangkap, dipenjarakan serta dihadapkan dengan Mahkamah Agama namun Petrus tidak takut dan gentar!. Bahkan justru Petrus berani untuk bersaksi tentang diri Yesus sebagai satu-satunya Juruselamat manusia.

Saudara yang terkasih, Pentakosta membawa perubahan kehidupan manusia yang percaya kepada Yesus!. Jika Rasul Paulus mengalami perubahan yang luar biasa... saya percaya, kita juga akan dapat mengalami karya Roh Kudus yang luar biasa itu. Amin. NDP. 

No comments:

Post a Comment