BENIH YANG MENGHASILKAN BUAH (4)

Rabu, 21 September 2016

Dan sebagian jatuh di tanah yang baik lalu berbuah:... Yang ditaburkan di tanah yang baik ialah orang yang mendengar firman itu dan mengerti, dan karena itu ia berbuah, ada yang seratus kali lipat, ada yang enam puluh kali lipat, ada yang tiga puluh kali lipat."
(Mat. 13:8, 23)

Dalam perumpamaannya, Yesus menegaskan perihal seorang penabur yang keluar untuk menabur benih (Matius 13:3). Harapan yang besar bagi penabur adalah setiap benih yang ditabur tersebut akan hidup serta menghasilkan buah.

Melalui perumpamaan ini kita melihat ada beberapa hal penting yang dapat direnungkan.


1. Benih yang ditabur jatuh dipinggir jalan. (Matius 13:4).
Benih yang ditabur oleh penabur itu jatuh dipinggir jalan, lalu datanglah burung-burung dan memakan habis seluruh benih itu. Akibatnya tidak ada satupun benih yang hidup serta menghasilkan buah.


2. Benih yang jatuh ditanah yang berbatu-batu (Mat. 13:5).
Tanahnya sedikit ...sedangkan batu-batunya banyak! Akibatnya benih yang ditabur tersebut tidak mampu akarnya tertanam kuat. Mudah tercabut dan patah, bahkan ketika kena sinar matahari layulah serta menjadi kering... akhirnya mati.


3. Benih yang jatuh ditengah semak duri (Matius 13:7).
Benih yang ditanam itu bertumbuh, tetapi semak duri tersebut terus menghimpitnya, maka lambat laun tanaman itu akan terjepit dan mati.


4. Benih yang jatuh ditanah yang baik.
Sekalipun benih yang jatuh ditanah yang baik itu hanya sedikit. Namun yang sedikit itu menjadi hidup...bahkan bertumbuh menjadi besar, hingga pada akhirnya mengeluarkan buah!. Berbuah sangat lebat dan banyak. Ada yang 30 kali lipat, 60 kali lipat, bahkan ada yang 100 kali lipat.

Saudara yang terkasih dalam Tuhan, yang ditabur ditanah yang baik ialah orang yang mendengar firman itu dan mengerti dan karena itu ia berbuah... (Matius 13:23). Jadilah tanah hati kita menjadi tanah yang baik. NDP

 

No comments:

Post a Comment