SADAR AKAN KEHENDAK ALLAH (7)

Sabtu, 3 September 2016

Sebab adalah kasih karunia, jika seorang karena sadar akan kehendak Allah menanggung penderitaan yang tidak harus ia tanggung. Sebab untuk itulah kamu dipanggil, karena Kristuspun telah menderita untuk kamu dan telah meninggalkan teladan bagimu, supaya kamu mengikuti jejak-Nya. ( I Pet. 2:19, 21)

Rasul Petrus menasehati kepada orang-orang pendatang, yang tersebar di Pontus, Galatia, Kapadokia, Asia Kecil dan Bitinia. Mereka adalah orang-orang pilihan Allah, tersebar oleh karena adanya penganiayaan serta penindasan. (I Pet. 1:1-2).

Sebagai orang-orang pendatang , pastilah mereka banyak mengalami penderitaan serta himpitan dari penduduk asli sekitar. Hal itu membuat hati mereka menjadi sedih dan dukacita!. Bahkan tidak sedikit mereka yang putus asa. Maka perikop tersebut ditulis sebagai penghiburan sekaligus menguatkan hati mereka untuk selalu mengarahkan pandangan kepada Yesus yang mereka kenal.

Ada beberapa hal penting yang dapat kita renungkan melalui tema ini.

Penderitaan merupakan bagian dari kehendakNya ( I Pet. 2:21). Kita dipanggil dan dipilih untuk mengikut Yesus... bukan berarti kita tidak bisa susah atau tidak ketemu masalah!. Sebaliknya, kadangkala justru semakin kita dekat Tuhan...., sungguh-sungguh dengan Tuhan ...., melayani pekerjaan Tuhan.... eee malah masalahnya tambah banyak. Akibatnya tidak sedikit orang berpikir, “Dulu tidak melayani Tuhan, tidak sungguh-sungguh mengikut Tuhan, dan jadi orang Kristen yang biasa-biasa saja...malah masalahnya sedikit. Sekarang justru semakin sungguh-sungguh cinta Tuhan, persoalan jadi berat dan kompleks”. Kalau begitu, lebih baik saya tidak usah sungguh-sungguh melayani Tuhan!. Paulus berkata, “Sebab kepada kamu dikaruniakan bukan saja untuk percaya kepada Kristus, melainkan juga untuk menderita untuk Dia, ... (Filipi 1:29-30). Yesus juga menegaskan "Lihat, Aku mengutus kamu seperti domba ke tengah-tengah serigala, ...” ( Matius 10:16,33).

Penderitaan merupakan bagian dari kasih karuniaNya (I Pet. 2:19). Karena berbuat baik kita harus menderita.... itu adalah kasih karunia!. Petrus pernah ditangkap oleh karena pemberitaan Injil Kristus. Paulus pernah karam kapal, digigit ular, dan dipenjara di Filipi. Semuanya itu adalah kasih karunia Allah. Itu sebabnya ketika Paulus memohon supaya Allah meluputkan penderitaan bekenaan dengan duri yang menusuk tubuhnya. Lebih dari 3 kali Paulus memohon. Tuhan menjawab, “Cukuplah kasih karuniaKu bagimu, ... “ (II Kor. 12:7-10). Amin. NDP

 

No comments:

Post a Comment