SADAR AKAN KEHENDAK ALLAH (5)

Kamis, 1 September 2016

Sebab adalah kasih karunia, jika seorang karena sadar akan kehendak Allah menanggung penderitaan yang tidak harus ia tanggung. Sebab untuk itulah kamu dipanggil, karena Kristuspun telah menderita untuk kamu dan telah meninggalkan teladan bagimu, supaya kamu mengikuti jejak-Nya. ( I Pet. 2:19, 21)

Salah satu kehendak Allah bagi kehidupan orang percaya adalah panggilan hidup untuk menderita. Penderitaan disini untuk mendatangkan kebaikan bagi orang lain, terlebih untuk mendatangkan hormat serta kemuliaanNya. Rasul Paulus menegaskan kepada orang-orang di Filipi, “Sebab kepada kamu dikaruniakan bukan saja untuk percaya kepada Kristus, melainkan juga untuk menderita untuk Dia,...” ( Filipi 1:29-30).

Tuhan Yesus juga berkata kepada orang banyak yang mengikutiNya "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku. Karena barangsiapa mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan memperolehnya.” (Matius 16:24-25). Nats itu menegaskan kepada kita bahwa untuk dapat mengiring Yesus bukanlah hal yang mudah!. Ada pengorbanan. Ada penderitaan... ada harga mahal yang harus dibayar.

Suatu kali Yesus dan murid-muridNya dalam perjalanan untuk mengajar banyak orang. Ada seorang yang berkata, "Aku akan mengikut Engkau, ke mana saja Engkau pergi." Lalu Yesus menjawab "Serigala mempunyai liang dan burung mempunyai sarang, tetapi Anak Manusia tidak mempunyai tempat untuk meletakkan kepala-Nya." Mendengar jawaban itu , seorang demi seorang meninggalkan Yesus untuk tidak mengikutiNya. Mereka tidak berani untuk menderita serta membayar harga (Lukas 9:57-62).

Ada banyak orang tidak mau menyadari jika penderitaan itu bagian dari kehendak dan kasih karunia Allah! Akibatnya mereka mulai undur dan meninggalkan Yesus. Saudara yang terkasih, marilah kita bersama senantiasa sadar dan mengerti bahwa memikul salib dan menyangkal diri itu adalah kunci penting untuk kita mengikut Yesus.

Kiranya Tuhan selalu memberi kekuatan kepada kita untuk dapat kuat serta bertahan dalam menanggung setiap penderitaan. Sekalipun hal itu terjadi bukan karena kesalahan kita serta dosa kita, melainkan perbuatan baik kita. Amin. NDP

 

No comments:

Post a Comment