SADAR AKAN KEHENDAK ALLAH (2)

Senin, 29 Agustus 2016

I Pet. 2:18-25

Sebab adalah kasih karunia, jika seorang karena sadar akan kehendak Allah menanggung penderitaan yang tidak harus ia tanggung.
( I Pet. 2:19)

Berit minggu ini membahas tema berkenaan dengan “Sadar Akan Kehendak Allah”. Allah itu roh!. Artinya Allah bukanlah makhluk..., Allah juga tidak bisa dibatasi oleh satu tempat atau ruangan. Allah juga merupakan pribadi!. Artinya Allah mempunyai akal (pikiran), perasaan dan kehendak.

Paulus berkata kepada orang-orang di Roma, “... Aku akan menaruh belas kasihan kepada siapa Aku mau menaruh belas kasihan dan Aku akan bermurah hati kepada siapa Aku mau bermurah hati. Jadi hal itu tidak tergantung pada kehendak orang atau usaha orang, tetapi kepada kemurahan hati Allah.” (Roma 9:15-16). Allah mempunyai kehendak!. Dan kehendakNya tidak dapat dipengaruhi serta tidak tergantung kepada siapapun.

Allah mau supaya kita hidup untuk menngerti kehendakNya ( Ef. 5:17). Bahkan kita harus berusaha dengan keras untuk mengetahui kehendak Tuhan dengan sempurna!. (Kolose 1:9). Inilah kehendak Allah, yaitu supaya kita hidup melakukan perbuatan yang baik ( I Pet. 2:15). Berbuat baik sesuai dengan hukum dan ketetapan Tuhan. Tuhan mau supaya saudara dan saya hidup sesuai kehendakNya. ( I. Tes.2:12).

Melalui nats diatas Rasul Petrus menjelaskan bahwa ada kalanya kita harus menanggung penderitaan bukan karena kita melakukan hal yang salah atau jahat!. Menangung penderitaan yang seharusya tidak kita tanggung. Hal itu merupakan kasih karunia yang Allah berikan kepada kita.

Petrus memberikan teladan Yesus: Yesus yang tidak berbuat dosa!.. dan tipu daya tidak ada dalam mulutNya... namun Ia harus dicaci maki , dipukul, dicambuk, dihakimi dengan tidak adil. Semuanya itu Yesus lakukan hanya untuk memikul dosa manusia. Menanggung kesalahan manusia, hingga manusia beroleh pengampunan Allah yang sempurna. (I Pet. 2:21-25).

Saudara yang terkasih dalam Tuhan, hidup sadar akan kehendak Allah merupakan bagian dari panggilan kita dalam hidup mengiring Yesus . kiranya Tuhan selalu memberikan kepada kita kekuatan serta hikmat agar kita diberikan kepekaan untuk mengerti serta mengetahui setiap kehendakNya. Amin.NDP

 

No comments:

Post a Comment