SADAR AKAN KEHENDAK ALLAH (3)

Selasa, 30 Agustus 2016

1 Petrus 2 : 19
“Sebab dapatkah disebut karunia, jika seorang karena sadar akan kehendak Allah menanggung penderitaan yang tidak harus ia tanggung”

Kata Sadar memiliki arti merasa , rumangsa ( jawa) dan Kata kehendak Allah memiliki arti kemauan, kehinginan Allah ( KBBI), kakarsakake dening Allah (jawa) di kehendaki Allah , God endure grief (inggris) keinginan Allah.
Kehendak Allah yang seperti apa?

Dalam konteks ini tentang penderitaan kristus sebagai teladan 1 petrus 2 : 22-24 “ Ia tidak berbuat dosa, dan tipu daya ada di dalam mulutnya. Ketika Ia di caci maki, Ia tidak membalas dengan mencaci maki; ketika Ia menderita,Ia tidak mengencam, tetapi Ia menyerahkan kepada Dia, yang menghakimi dengan adil. Ia sendiri telah memikul dosa kita, yang telah mati terhadap dosa, hidup untuk kebenaran. Oleh bilur-bilurnya ,kamu telah sembuh “

Jadi keinginan Allah yang terutama dari pada keinginan kita, ego kita , kemauan kita .
Seperti apa yang telah di lakukan Kristus ketika Ia berdoa di Getsemani Matius 26 : 39 “ maka Ia maju sedikit, lalu sujud dan berdoa, kataNya “ Ya BapaKU, Jikalau sekirannya mungkin , biarlah cawan ini lalu dari padaku tetapi janganlah seperti yang ku kehandaki , melainan seperti yang Engkau kehendaki”

Kesadaran akan kehendak Allah itu sangat mulia, karena tanpa itu manusia akan hidup sesuai dengan kehendak sendiri memang Allah memeberikan hak bebas kepada kita akan tetapi adalah mulia ketika kita melakukan apa yang menjadi kehendakNya.

Jadi hal yang paling Utama dalam hidup kita itu melakukan kehendak Allah.
Bagaimana sadar akan kehendak Allah ?
Mengasihi Allah dan sesama
Melakukan ketetapan Tuhan serta
Penyerahan secara total kepada Allah.

“ O my Father, if it be possible, let this cup pass from me:nevertheless not as I will, but as thou wilt” ( The Gedeon) AmIn (PS)

 

No comments:

Post a Comment