BENIH YANG MENGHASILKAN BUAH (7)

Sabtu, 24 September 2016

Matius 13:23

Yang ditaburkan di tanah yang baik ialah orang yang mendengar Firman itu dan mengerti, dan karena itu ia berbuah, ada yang seratus kali lipat, ada yang enam puluh kali lipat ada yang tiga puluh kali lipat “

Tanah adalah permukaan bumi atau lapisan bumi yang diatas sekali , suatu tempat untuk berpijak , untuk menanam dll.

Ada beberapa jenis tanah (Matius 13 :4-8 )
1. Tanah yang dipinggir jalan
2. Tanah yang berbatu – batu
3. Tanah yang bersemak duri
4. Tanah yang baik
Poin satu sampai yang ke tiga merupakan jenis tanah yang ketika di tanami tidak akan menghasilkan sesuatu hasil yang baik. Akan tetapi tanah yang baik adalah tanah yang subur, penuh dengan humus yang sudah di olah dengan baik. Jikalau di tanami akan menghasilkan sesuatu hasil yang baik.

Benih biji buah atau benih kecil-kecil yang akan ditanam atau di semaikan (purwa darminta;1984) Ada dua jenis binih; benih yang baik dan benih yang tidak baik.
seorang petani ketika menanam pasti akan memilih benih yang baik dahulu untuk di tanam atau di semai terlebih dahulu.
Benih yang tidak baik tidak akan menghasilkan yang baik akan tetapi benih yang baik hasilnya juga akan baik.

Untuk dapat menghasilkan hasil yang baik maka benih yang baik (bibit unggul) harus di tanam di tanah yang baik, dirawat dengan baik , diberi pupuk ,di siram dll pasti hasilnya akan baik. Benih gambaran firman dan tanah itu gambaran hati ketika firman itu jatuh pada hati yang baik (hati yang mau mengampuni, lemah lembut, yang mengasihi, melayani, dll) maka firman itu akan hidup tumbuh , berkembang dan berbuah-buah dengan lebat , ada yang seratus kali lipat, ada yang enam puluh kali lipat dan ada yang tiga puluh kali lipat. (Lukas 8 : 8 , Masmur 92 : 13-16 ) “ Dalam hal inilah Bapa-ku dipermulyakan, yaitu jika kamu berbuah banyak dan dengan demikian kamu adalah murid-murid-KU” ( PS)

 

No comments:

Post a Comment