HAL YANG MENAJISKAN ORANG (1)

Minggu, 9 Oktober 2016

“ Tetapi apa yang keluar dari mulut berasal dari hati dan itulah yang menajiskan orang. Karena dari hati timbullah segala pikiran jahat, pembunuhan, perzinahan, percabulan, pencurian, sumpah palsu dan hujat. Itulah yang menajiskan orang. Tetapi makan dengan tangan yang tidak dibasuh tidak menajiskan orang”. Matius 15:18-20


Berit minggu ini membahas tema berkenaan dengan “Hal Yang Menajiskan Orang“. Pertanyaan orang-orang Farisi dan ahli Taurat kepada Yesus berkaitan dengan murid-murid yang tidak membasuh tangannya pada saat mau makan (Mat. 15:1-2). Mereka memprotes Yesus atas perbuatan para muridnya tersebut.
Jawaban serta penjelasan Yesus dalam ayat 18-20, memberikan beberapa pelajaan penting berhubungan dengan tema diatas.


1. Apa yang keluar dari mulut keluar dari hati !. (ayat 18).
Apapun yang keluar dari mulut: perkataan, perbuatan, dsb…semuanya itu berasal dari dalam hati!. Hati menjadi sumber dari segala perkataan dan perbuatan. Itulah sebabnya segala perkataan dan perbuatan kita akan sangat dipengaruhi dengan keberadaan hati kita. Hati kita akan menentukan apakah perkataan dan perbuatan kita menjadi baik atau buruk. Jadi yang berasal dalam hati, itulah yang dapat menajiskan.


2. Dari hati bisa timbul hal yang jahat!. (ayat 19).
Hati-hati dan waspada dengan hati ini!. Karena dari hati bisa timbul segala pikiran jahat, pembunuhan, perzinahan, percabulan, pencurian, sumpah palsu, dan hujat. Bahkan dari dalam hati dapat mendatangkan pikiran, perasaan serta perbuatan yang jahat! (melawan Tuhan).


3. Makan dengan tangan tidak dibasuh, tidak najis!.(Ay.20)
Yesus menegaskan!... makan dan makanan bukanlah hal yang menajiskan!... Tangan yang tidak dibasuh juga tidak menajiskan orang!... tetapi, sesungguhnya yang menajiskan orang ialah segala sesuatu yang jahat yang bersal dari hati kita.
Saudara yang terkasih dalam Tuhan, makan itu sesuatu yang netral!. Yaitu berkat yang Tuhan sediakan kepada kita!. Tangan yang tidak dibasuh juga tidak berhubungan dengan kekudusan Allah. Namun yang menajiskan orang adalah hal-hal yang jahat yang berasal dari dalam hati saudara dan saya. Amin, NDP

 

No comments:

Post a Comment