HAL YANG MENAJISKAN ORANG (3)

Selasa, 11 Oktober 2016

Matius 15:18

Pengertian tentang kata “NAJIS”
Kata ini dapat diartikan :
1. Kotor, kecemaran (KBBI)
2. Membuat kotor, atau mengotori (John. M .schols)
3.
Seperti apa yang tertulis ( Matius 15 :11, Markus 7 :20 ) “ Dengar dan camkanlah: bukan yang masuk ke dalam mulut yang menajiskan orang melainkan yang keluar dari mulut itulah yang menajiskan orang melainkan yang keluar dari mulut itulah yang menajiskan orang.”

A. Pemahaman mengenai yang keluar dari mulut itu apa ?
apakah berupa benda padat atau cair ?
Coba lihat dari nats ( Markus 7 :20-23 )
“Katanya lagi” Apa yang keluar dari seseorang, itulah yang menajiskannya, sebab dari dalam, dari hati orang timbul segala pikiran jahat, percabulan, pencurian, pembunuhan, perzinahan, keserakahan, kejahatan, kelicikan, hafa nafsu, iri hati, hujat, kesombongan, kebebalan. Semua hal-hal jahat ini timbul dari dalam dan menajiskan orang .”
Jadi yang dapat menajiskan seseorang itu bukan yang bersifat benda padat atau cair ,bahkan bisa di asumsikan makanan atau minuman yang masuk ke dalam mulut. Tetapi apa yang ada dalam hati,, timbul dalam pikiran, perasaan, perkataan sesuatu yang jahat, dapat melukai hati Tuhan dan sesama itulah yang dapat menajiskan seseorang.

B. Bagaimana supaya hidup manusia itu tidak najis ?
i. Memikirkan hal-hal yang baik ( 2 Korintus 8 :21) berpikir yang baik dihadapan Tuhan maupun sesama.
ii. Berpikir didalam Kristus ( Filipi 4 :7-9 ) berpikir yang benar, mulia, adil, suci, manis dll.
iii. Menjaga hidup kudus dan hidup dalam ketetapan Allah ( Ibrani 12:14-15 )
Jadi sesuatu yang menajiskan bukan yang berasal dari luar yang masuk kemulut akan tetapi apa yang ada dalam hati , pikiran yang jahat, sikap yang jahat, menyimpang dalam kebenaran dll yang dapat mencemarkan, mengotori kehidupan ini . oleh sebab itu jaga kesucian hidup supaya hidup kita tidak di cemarkan oleh Dosa.
“Tetap semangat Tuhan Yesus Memberkati “ (PS )

 

No comments:

Post a Comment