HAL YANG MENAJISKAN ORANG (5)

Kamis, 13 Oktober 2016

“ Dengar dan camkanlah: bukan yang masuk ke dalam mulut yang menajiskan orang, melainkan yang keluar dari mulut, itulah yang menajiskan orang…karena dari hati timbul segala pikiran jahat, pembunuhan, perzinahan, percabulan, pencurian, sumpah palsu, hujat itulah yang menajiskan orang. Tetapi makan dengan tangan yang tidak dibasuh tidak menajiskan orang”.
( Matius 15:11,18-20)

Tindakan para murid yang tidak mencuci tangannya sebelum makan dianggap oleh orang Farisi dan ahli Taurat sebagai tindakan melangar adat-istiadat Yahudi. Hal itu yang dipersoalkan mereka kepada Yesus!. Dalam perikop ini Yesus mencoba untuk menjelaskan permasalahan tersebut dengan beberapa prinsip penting seperti:

1. Bukan yang masuk ke dalam mulut, yang menajiskan!.
Makan, minum dsb yang masuk melalui mulut tidaklah menajiskan orang. Karena segala sesuatu yang masuk ke dalam mulut, lalu turun ke perut dan akhirnya akan dbuang ke dalam lubang jamban (Matius 15:17).

2. Segala sesuatu yang keluar dari mulut, yang menajiskan!.
Sebaliknya, segala sesuatu yang keluar dari mulut: perkataan, percakapan, pembicaraan dan hal-hal yang lain…itu dapat menajiskan!. Karena semua yang keluar dari mulut itu berasal dari dalam hati … hal itulah yang dapat menajiskan orang (Matius 15:18). Dari hati kita dapat timbul pikiran jahat, perasaan jahat dan perbuatan jahat seperti: bohong atau dusta, mengumpat, iri hati, membenci, perzinahan, pencurian, pembunuhan, dsb. Itulah yang menajiskan!. (Matius 15:19).

Saudara yang terkasih di dalam Tuhan Yesus Kristus, marilah kita bersama hidup dengan tidak menajiskan orang!. Hidup dengan mau menjaga serta memelihara hati kita. Kiranya melalui hati saudara dan saya akan selalu memancarkan kehidupan yang berkenan kepada Tuhan Yesus. Salomo berkata, “Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan”. (Amsal 4:23). Amin. NDP

 

 

No comments:

Post a Comment