HAL YANG MENAJISKAN ORANG (4)

Rabu 12 Oktober 2016

Tetapi apa yang keluar dari mulut berasal dari hati dan itulah yang menajiskan orang. Mat 15:18

Orang-orang Farisi masih membawa pengertian lama mereka mengenai hal yang menajiskan orang. Misalnya hal pembasuhan tangan, pembersihan diri dan hal mencuci perkakan…Mrk 7:3-4 Sebab orang-orang Farisi seperti orang-orang Yahudi lainnya tidak makan kalau tidak melakukan pembasuhan tangan lebih dulu, karena mereka berpegang pada adat istiadat nenek moyang mereka; dan kalau pulang dari pasar mereka juga tidak makan kalau tidak lebih dahulu membersihkan dirinya. Banyak warisan lain lagi yang mereka pegang, umpamanya hal mencuci cawan, kendi dan perkakas-perkakas tembaga. Mereka masih membawa pengertian mereka menjadi suatu perdebatan dan peraturan-peraturan yang ketat dan keras.

Firman Tuhan tidak berlaku diatas adat istiadat bagi orang Farisi. Hidup merekapun menjadi munafik. seperti Matius 15:8-9 Bangsa ini memuliakan Aku dengan bibirnya, padahal hatinya jauh dari pada-Ku. Percuma mereka beribadah kepada-Ku, sedangkan ajaran yang mereka ajarkan ialah perintah manusia." Mereka terus saja mempermasalahkan murid-murid Tuhan Yesus. Dalam hal ini sesungguhnya Tuhan Yesus mengerti secara pasti bahwa mereka harus diberikan pengertian yang benar tentang hal yang menajiskan orang.

Dalam penjelasanNya Tuhan Yesus mengatakan dan menjelaskan dengan tegas bahwa satu-satunya yang dapat menajiskan orang adalah hati. Matius 15:11 dengan perkataan dan pernyataan Tuhan Yesus Mereka diharapkan dapat membedakan hal adat istiadat dan hal yang seturut akan kehendak Allah sebagai kebenaran. Mereka dapat menentukan hal yang dapat menghambat pekerjaan Tuhan dan hal yang dapat mendukung pekerjaan Tuhan. mereka juga diharapkan mampu untuk membedakan mementingkan diri sendiri atau mementingkan orang lain.

Pengertian ini sangat penting, karena ini akan berpengaruh pada hubungan setiap orang dengan Tuhan dan hubungan setiap orang dengan sesamanya. Seperti orang Farisi yang menganggap dirinya lebih benar dari pada Tuhan Yesus. Untuk menghindari hati yang dapat menajiskan kita harus waspada sebagaimana Ams 4:23 Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan. Amin (LGS).

No comments:

Post a Comment