HAL YANG MENAJISKAN ORANG (2)

Senin, 10 Oktober 2016

“Tetapi yang keluar dari mulut berasal dari hati dan itulah yang menajiskan orang ( Matius 15:18)

Saudaraku, pada waktu kita percaya kepada Yesus Kristus maka dosa-dosa kita disucikan. Namun kita melihat bilamana seseorang tidak mengalami yang terus-menerus, tidak jarang mereka akan berbuat dosa lagi. Mengapa? Sebab sumber dari segala perbuatan dosa belum disucikan. Tuhan tidak ingin hanya menyucikan dosa-dosa kita saja, tetapi Tuhanpun  ingin menyucikan sumber segala perbuatan dosa yaitu hati kita.

Matius 15:19 Karena dari hati timbul segala pikiran jahat, pembunuhan, perzinahan, percabulan, pencurian, sumpah palsu, hujat itulah yang menajiskan orang.

  1. Dosa disucikan oleh darah Yesus (I Yohanes 1:7).
  2. Hati disucikan oleh pengajaran Firman Allah (Yoh. 15:3).

Jadi yang menyebabkan / yang menjadikan seseorang najis perkataannya/perbuatanya dihadapan Tuhan bukanlah kelalaiannya dalam mematuhi hukum seremonial tertentu, melainkan kesediaan untuk mendengarkan kecenderungan-kecenderunan fasik yang tertanam dalam hati seperti: segala pikiran jahat, percabulan, pencurian, pembunuhan, perzinahan, keserakahan, kejahatan, kelicikan, hawa nafsu, iri hati, hujat, kesombongan, dan kebebalan (Markus 7: 21-22). Tuhan Yesus mengajarkan betapa hebatnya dosa dialam hati. Dosa marah itu sama dengan dosa pembunuhan (Matius 5:21-22). Dosa hawa nafsu itu sama berdosanya dengan dosa perzinahan lahiriah (Matius 5:27-28).

Ibrani 3:7-12 Bangsa Israel mengeraskan hati dihadapan Allah akhrinya binasa karena murtad 14-17. Bangsa ini pula yang dimurkai Allah selama 40 tahun dan mati dipadang gurun karena keras hatinya.
Ayat yang 13 berkata: jangan ada diantara kamu yang menjadi tegar hatinya karena tipu daya dosa. Amin. BS

 

No comments:

Post a Comment