WASPADALAH TERHADAP SEGALA KETAMAKAN (3)

Selasa, 25 Oktober 2016

Kata-Nya lagi kepada mereka: "Berjaga-jagalah dan waspadalah terhadap segala ketamakan, sebab walaupun seorang berlimpah-limpah hartanya, hidupnya tidaklah tergantung dari pada kekayaannya itu." (Lukas 12:15)

Ketamakan berasal dari kata dasar “tamak” yang berarti “loba” atau “serakah”. Kecenderungan untuk mendapatkan kekayaan banyak dengan menghalalkan banyak cara. Tuhan sangat murka terhadap orang yang loba!. Tuhan berkata, “Aku murka karena kesalahan kelobaannya, Aku menghajar dia, menyembunyikan wajah-Ku dan murka, tetapi dengan murtad ia menempuh jalan yang dipilih hatinya. (Yesaya 57:17)
Waspadalah dan berjaga-jagalah terhadap ketamakan!.

1. Orang yang loba akan menista Tuhan!. (Mazmur 10:3).
Orang yang loba hatinya bisa mengutuki serta menista Tuhan!. Karena yang ada dalam pikiran dan hatinya hanya harta dan harta. Tuhan bisa disalahkan, bahkan juga bisa dikutuki jika apa yang ia inginkan tidak tercapai (diperolehnya).

2. Orang yang loba akan mencari keuntungan gelap!. (Amsal 1:19).
Cara apapun akan dilakukan untuk memperoleh kekayaan. Bahkan sampai menghilangkan nyawa orang lainpun akan dikerjakan demi memperoleh keuntungan kekayaan yang dicarinya.

3. Orang yang loba akan menimbulkan pertengkaran (Amsal 28:25).
Apapun bentuknya, ketamakan pasti akan menimbulkan pertengkaran dan kekacauan. Karena disatu sisi orang akan merasa diuntungkan dan disisi yang lain orang akan merasa kalau dirinya dirugikan (diperlakukan dengan tidak adil).

4. Orang yang loba keluarganya akan kacau-balau (Amsal 15: 27)
Sifat tamak akan membawa dampak kehancuran dalam keluarga!. Semua yang ada: orang tua, anak-anak dan yang lainnya akan dinilai dengan harta atau kekayaan. Jika tidak memberi keuntungan, hal itu bisa dianggap sial atau apes, dsb. Fokusnya hanya kepada harta, bukan kepada kebahagiaan kekuarga.

Saudara yag terkasih didalam Tuhan Yesus, waspadalah dan hati-hatilah terhadap segala ketamakan. Ketamakan akan menjadikan hidup kita lebih fokus kepada harta dari pada Tuhan. Ketamakan akan menimbulkan pertengkaran dan kekacauan. Bahkan ketamakan akan membuat hati Tuhan murka kepada kita. Amin. NDP

 

No comments:

Post a Comment