WASPADALAH terhadap ketamakan (1)

Minggu, 23 Oktober 2016

Kata-Nya lagi kepada mereka: "Berjaga-jagalah dan waspadalah terhadap segala ketamakan, sebab walaupun seorang berlimpah-limpah hartanya, hidupnya tidaklah tergantung dari pada kekayaannya itu." (Lukas 12:15)

Berit minggu ini membahas tema berkenaan dengan “Waspadalah Terhadap Ketamakan”. Yesus memberi jawab kepada seseorang yang meminta bagian warisan dari saudaranya.... jawaban yang jelas serta tegas agar orang itu mau waspada dan berjaga-jaga perihal ketamakan!. Kata ”tamak” dalam kamus umum Indonesia memiliki makna “selalu ingin beroleh banyak; loba atau serakah”.


Melalui ungkapan Yesus dalam nast diatas kita dapat belajar beberapa hal penting:
1. Orang yang tamak akan fokus kepada harta bukan kepada Tuhan!.
Orientasi hidupnya hanya pada harta dan kekayaan saja... bukan kepada Tuhan!. Tujuan hidupnya untuk mencari kekayaan sebanyak-banyaknya, meski dengan cara serta jalan apapun. Yang penting harta, sekalipun jalannya dosa. Tuhan menjadi nomor dua, tiga, bahkan sepuluh dalam kehidupannya.


2. Orang yang tamak tidak akan puas dengan kekayaannya!.
Selalu ingin mendapatkan bagian harta yang banyak... kekayaan yang terus-menerus bertambah...namun hal itu tidak akan memberikan rasa puas kepadanya!. Dalam hidupnya selalu merasa kurang dan kurang. Akibatnya, orang yang tamak selalu berupaya untuk menambah kekayaannya dengan menghalalkan segala cara.


3. Orang yang tamak lebih fokus pada dirinya dari pada orang lain!.
Kecenderungannya selalu berfikir egois!. Yang penting dirinya, bukan orang lain. Berusaha untuk memenuhi kebutuhan dirinya dan mengabaikan apa yang menjadi masalah serta kebutuhan orang lain. Masa bodoh kepada urusan orang lain.
Saudara yang terkasih dalam Tuhan, nasihat serta peringatan Yesus melalui nats diatas menjadi perenungan kepada kita untuk selalu waspada terhadap ketamakan. Ketamakan akan menjadikan saudara dan saya lebih fokus kepada harta daripada Tuhan, bahkan dapat menjadikan kita orang-orang yang egois serta tidak pernah dapat mengucap syukur atas setiap berkat yang kita peroleh. Amin. NDP.

 

No comments:

Post a Comment