Firman Yang Digenapi (2)

Selasa, 6 Desember 2016

“Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi:
"Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel" — yang berarti: Allah menyertai kita. “
Matius 1:22-23

Minggu ini berit membahas tema berkenaan dengan “Firman Yang Digenapi”. Kelahiran bayi Yesus ke dalam dunia merupakan bagian dari berita nubuatan para nabi. Banyak nabi yang telah menubuatkan hal itu!. Pernyataan malaikat kepada Yusuf melalui mimpi (Matius 1:20), menegaskan bahwa perihal yang terjadi kepada Maria bukanlah sesuatu yang terjadi secara tiba-tiba. Semua itu sebagai penggenapan firman yang telah dinubuatkan oleh nabi Yesaya “Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel. (Yesaya 7:14).


Melalui penggenapan nubuatan itu kita dapat belajar serta merenungkan beberapa hal penting , diantaranya:
1. Kelahiran Yesus sudah dinubuatkan!
Setelah manusia jatuh ke dalam dosa (Kejadian 3:6,7), Tuhan langsung memberikan penyataanNya kepada Adam dan Hawa…. jika akan datang melalui keturunan wanita ini akan meremukkan kepala si ular (Kejadian 2:15). Nubuatan berkenaan dengan datangnya seorang bayi kudus. Selanjutnya para nabi menegaskan melalui nubuatan yang dinyatakan: Yesaya 7:14; Yesaya 9:5-6; Yesaya 11:1-10; Mikha 5:1 dsb.

 

2. Kelahiran Yesus sudah diberitahukan!.
Menjelang kelahiranNya dikandang domba Betlehem, malaikatNya telah terlebih dahulu memberitahukannya: Menyatakan hal itu kepada Maria (Lukas 1:26-38), memberitahukan juga kepada Yusuf melalui mimpi ( Matius 1:18-25), Malaikat memberi pesan lewat tanda bintang kepada kelompok Majus (Matius 2:1-12), kepada para gembala yang berada dipadang Efrata (Lukas 2: 8-20), berita tersebut juga disampaikan kepada Imam Simeon dan Hana (Lukas 2:25-40), serta saudara Maria yang bernama Elisabet (Lukas 1:39-45). Berita yang disampaikan satu dengan yang lain itu saling melengkapi, sehinggga menjadi berita yang lengkap dan jelas!.

 

3. Kelahiran Yesus sudah disilsilahkan!.
Ada 2 Injil yang mencatat serta menuliskan berkenaan dengan silsilah
Yesus. Yaitu dalam Injil Matius (1:1-17). Semuanya ada 14 keturunan dari Abraham sampai Daud…14 keturunan dari Daud sampai pembuangan Babel,… Dan 14 keturunan dari pembuangan ke Babel sampai Kristus (jumlah semuanya ada 42 keturunan). Sedangkan Injil Lukas mencatatnya dalam pasal 4:23-38.

Nubuatan Yesus harus digenapi!. Sebab nubuatan tersebut benar dan pasti. Kita percaya, nubuatan-nubuatan lain yang ditulis dalam Alkitab juga pasti akan digenapiNya. Amin. NDP

 

 

No comments:

Post a Comment