Instropeksi Diri (7)

Sabtu, 3 Desember 2016

Hanya orang-orang yang rendah hati yang dapat melakukan introspeksi diri. Sebab dengan kesombongan kita hanya akan melihat diri kita paling benar, diri kita paling baik dan diri kita pali ng mampu dan kesombongan lain yang terlihat. Kerendahan hati menjadi modal untuk kita mengenal lebih jauh hidup kita dihadapan Tuhan. Dengan kerendahan hati kepada Tuhan, kita akan dimampukan untuk hidup di dalam iman, berkenan kepada Tuhan dan menjadi orang yang tahan uji.

APAKAH TEGAK DALAM IMAN 2Kor 13:5 Ujilah dirimu sendiri, apakah kamu tetap tegak di dalam iman. Selidikilah dirimu! Apakah kamu tidak yakin akan dirimu, bahwa Kristus Yesus ada di dalam diri kamu? Sebab jika tidak demikian, kamu tidak tahan uji.
Salah satu contoh ketika kita mengaku percaya kepada Tuhan tetapi hidup kita diisi dengan terus mengeluh maka iman percaya kita tidak nampak bahkan hilang. Adakah ucapan syukur, adakah persekutuan dengan Tuhan? pertanyaan dapat kit ajukan secara pribadi ketika kita mau introspeksi diri.

APAKAH BERKENAN KEPADA TUHAN Ef 5:10 dan ujilah apa yang berkenan kepada Tuhan. bukan berkenan kepada diri kita sendiri. Sebab apa yang kita katakan benar dan baik itu belum tentu baik dihadapan Tuhan. dalam menjaga hidup kudus kita harus mengatakan apakan ini berkenan kepada Tuhan?

APAKAH TAHAN UJI 2Kor 13:7 Kami berdoa kepada Allah, agar kamu jangan berbuat jahat bukan supaya kami ternyata tahan uji, melainkan supaya kamu ini boleh berbuat apa yang baik, sekalipun kami sendiri tampaknya tidak tahan uji. Dari hal yang terkecil sampai hal yang terbesar dapat datang kepada kita, artinya hanya hal terkecil saja belum tentu kita bisa tahan uji. Ujian terhadap hidup kita, terhadap iman kita harus terus dilatih agar oleh pertolongan kita dimampukan untuk menghadapi segala sesuatu yang terjadi dalam hidup kita.

Introspeksi diri dapat membersihkan hidup kita, persekutuan kita dengan Tuhan bahkan kesempatan untuk menerima anugerah dan berkat Tuhan, saat hidup kita layak dihadapan Tuhan. Amin (LGS)

 

 

 

No comments:

Post a Comment