Instropeksi Diri (4)

Rabu, 30 November 2016

Introspeksi diri menjadi alat untuk memastikan apakah kita menjadi orang yang berkenan kepada Tuhan atau hanya berkenan bagi diri kita sendiri. Introspeksi diri akan membawa kita pada pembaharuan hidup, dan penyerahan diri pada pimpinan Roh Kudus.

INTROSPEKSI DIRI DENGAN MENYADARI DOSA Yoh 8:7 Dan ketika mereka terus-menerus bertanya kepada-Nya, Iapun bangkit berdiri lalu berkata kepada mereka: "Barangsiapa di antara kamu tidak berdosa, hendaklah ia yang pertama melemparkan batu kepada perempuan itu." Yang seringkali menjadi sifat kita adalah tidak mengakui kelemahan dan keterbatasan kita. Menganggap diri selalu benar dan terlalu mudah melihat kekurangan orang lain. Ayat referensi ini menjelaskan bahwa tidak ada satupun orang yang tidak berdosa dan tidak punya kelemahan.

INTROSPEKSI DIRI DENGAN FIRMAN ALLAHIbr 4:12 (i_TB) Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua manapun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita. Firman Tuhan membantu kita untuk introspeksi diri. Dengan Firman Tuhan kita akan segera mengetahui apa yang tidak benar yang kita lakukan, apa yang tidak berguna dan apa yang merugikan dalam hidup kita. Sehingga kita segera dapat memperbaharui sikap dan tingkah laku kita.

INTROSPEKSI DIRI DENGAN MENGINGAT TUHAN MAHA TAHU Ibr 4:13 Dan tidak ada suatu makhlukpun yang tersembunyi di hadapan-Nya, sebab segala sesuatu telanjang dan terbuka di depan mata Dia, yang kepada-Nya kita harus memberikan pertanggungan jawab. Firman Tuhan dapat dibuktikan bahwa segala sesuatu tidak ada yang dapat disembunyikan. Setiap sifat, karakter, kebiasaan, dan segala sesuatu yang kita lakukan terbuka jelas dihadapan Tuhan. sekalipun hanya berkata yang tidak benar Tuhan tahu. Tidak dapat berbohong kepada Tuhan.

Rat 3:40 Marilah kita menyelidiki dan memeriksa hidup kita, dan berpaling kepada TUHAN. Introspeksi diri merupakankehendak Tuhan agar kita mengerti dan mengingat secara pasti siapa diri kita? Dan Untuk apa kita hidup? Amin (LGS)

 

 

 

No comments:

Post a Comment