Hidup Beroleh Kasih Karunia (1)

Minggu, 11 Desember 2016

Ketika malaikat itu masuk ke rumah Maria, ia berkata: "Salam, hai engkau yang dikaruniai, Tuhan menyertai engkau." Maria terkejut mendengar perkataan itu, lalu bertanya di dalam hatinya, apakah arti salam itu.
Kata malaikat itu kepadanya: "Jangan takut, hai Maria, sebab engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah. ( Lukas 1: 28-30)

Berit minggu ini membahas berkenaan dengan “Hidup Beroleh Kasih Karunia”. Perkataan malaikat Gabriel kepada Maria disebuah kota di Galilea yang bernama Nazaret, memberikan kekuatan serta penghiburan dalam kehidupan perempuan muda itu.
Ada beberapa hal penting yang dapat kita renungkan berkenaan dengan kasih karunia Allah yang diberikan kepada Maria.

1. Tuhan memilih Maria!.
Maria bukan satu-satunya wanita yang paling baik, saleh dan pandai. Maria juga bukanlah wanita terhebat serta termulia didaerah dimana ia tinggal. Namun Tuhan berkenan untuk memilihnya menjadi satu-satunya yang dipakai untuk melahirkan Yesus. Tuhan sendiri yang memanggil melalui malaikatNya untuk memberitahukan hal itu. (Lukas 1:26-27). FirmanNya, “Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Allah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu,...” (Yoh. 15:16).

2. Tuhan menyertai Maria!.
Tuhan bukan saja memanggil dan memilih Maria namun juga berkenan untuk menyertai Maria (Lukas 1:28). Pernyataan Tuhan kepada Maria sebagai bukti bahwa Maria telah beroleh kasih karuniaNya!. Pernyaaan Tuhan berupa kekuatan serta kemampuan untuk menghadapi segala tantangan dan resiko besar yang ia harus tanggung.

3. Tuhan membela Maria!.
Melalui mimpi yang diberikan kepada Yusuf, hal tersebut sebagai bukti bahwa Tuhan berkenan kepada Maria. Hingga pada akhirnya Yusuf bisa menerima Maria serta tidak jadi menceraikannya. Masih ada pembelaan-pembelaan lainnya yang diperbuat terhadap Maria...
Saudara yang terkasih dalam Tuhan, hidup beroleh kasih karunia itu lebih dari segalanya!. Apa yang Maria peroleh dari pada Tuhan itu tidaklah dapat diukur dengan apapun juga. Tuhan berkenan memberikan kepada seseorang yang diperkenanNya berdasarkan pikiranNya dan kehendakNya. Berbahagialah setiap orang yang hidup beroleh kasih karuniaNya...Amin NDP.

 

No comments:

Post a Comment