Tuhan YESUS Terang Dunia (2)

Senin, 19 Desember 2016


Yohanes 8:12

Apa yang dimaksud dengan dunia? Istilah dunia dalam bahasa Yunani disebut kosmos menunjuk kapada sistem luas dari zaman ini yang dipromosikan iblis dan terpisah dari Allah. Sistem ini terdiri atas kesenangan dunia yang sudah jelas jahat, berdosa, dursila, tidak hanya itu saja tetapi juga menunjuk kepada pemberontakan atau ketidakacuhan terhadap Allah. Kita sebagai orang percaya harus keluar dari dunia, tidak menjadi serupa dengan dunia ini, tidak mengasihi dunia, mengalahkan dunia, membenci kejahatan, mati terhadap dunia, dibebaskan dari dunia. Jikalau kita orang percaya mengasihi dunia, maka kasih akan Bapa tidak ada dalam kita. Orang percaya harus memiliki komitmen seperti Paulus : ‘hidupku bukannya aku lagi tapi Kristus yang hidup didalamku’.
Siapakah Rasul Paulus ?. Sebelumnya ia bernama Saulus yang membenci, mengancam, menganiaya, membunuh orang yang memanggil nama Yesus. Namun dalam perjalanan ke Damsyik, tiba-tiba cahaya memancar dari langit mengelilingi dia. Saulus rebah ke tanah dan kedengaran suara yang berkata “Saulus, Saulus mengapakah engkau menganiaya Aku?”. Jawab Saulus, siapakah Engkau Tuhan ?. Akulah Yesus yang kau aniaya itu. Kemudian 3 hari lamanya ia tidak dapat melihat dan 3 hari lamanya ia tidak makan dan minum (berpuasa). Dan Tuhan juga yang menyembuhkan melalui doa seorang murid yang bernama Ananias. Saulus bertobat, dibaptis, di penuhi Roh Kudus, dipulihkan kekuatannya dan nama Saulus diganti dengan Paulus. Lalu mengasingkan diri ke negeri Arab selama 3 tahun. Dan di pakai Tuhan menjadi alat pilihan Allah untuk memberitakan Injil kemuliaan namaNya kepada bangsa-bangsa lain, raja-raja dan kepada orang-orang yang mau percaya. Paulus bersaksi dan menjadi saksi bahwa Tuhan Yesus itu adalah terang dunia bagi semua orang, yaitu kebenaran, sifat dan Kuasa Allah itu tersedia melalui Tuhan Yesus Kristus.
Berdoalah biar Tuhan memberikan keberanian kepada kita orang-orang percaya untuk bersaksi dan menjadi saksi seperti Paulus untuk menyatakan bahwa Tuhan Yesus itu adalah terang dunia. Amin. (BS)

 

No comments:

Post a Comment