Tuhan YESUS Terang Dunia (5)

Kamis, 22 Desember 2016

Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: "Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup. Selama Aku didalam dunia, Akulah terang dunia"
(Yoh 8:12 ; Yoh. 9:5)

Jawaban Yesus kepada orang-orang Farisi, “Biarpun Aku bersaksi tentang diri-Ku sendiri, namun kesaksian-Ku itu benar, sebab Aku tahu, dari mana Aku datang dan ke mana Aku pergi. Tetapi kamu tidak tahu, dari mana Aku datang dan ke mana Aku pergi. (Yoh. 8:14). Yesus sedang berbicara hal kebenaran yang hakiki!. Bukan kebenaran biasa atau rekayasa manusia. Hal itu hanya dapat dipahami dengan kerangka iman dan bukan kerangka pikiran Manusia!. Namun Ia menjelaskan kaitan dengan master plant Allah melalui diriNya. KehadiranNya sebagai terang dunia itu merupakan pekerjaan Bapa 100%.
Ada beberapa hal yang penting yang dapat kita renungkan melalui tema diatas!. Yesus datang sebagai terang dunia... Melalui Kisah Rasul 26:18 ada beberapa prinsip penting.

1. Supaya manusia berbalik dari kegelapan kepada terang.
Hati Tuhan rindu untuk manusia mau bertobat!. Hidup berbalik dari manusia lama (dosa) kepada hidup sebagai manusia baru (anak-anak Allah). Petrus berkata, “Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi Ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat. (II Pet. 3:9).

2. Supaya manusa berbalik dari kuasa Iblis kepada Allah.
Tuhan mau hati manusia berubah dari hal mengandalkan kuasa Iblis kepada sikap hanya mempercayai serta mengandalkan hidupnya kepada kuasa Allah saja.

3. Supaya manusia beroleh iman daripada Allah.
Hidup oleh iman kepada Allah yang benar nyata dalam diri orang yang percaya kepada Yesus, Paulus berkata, “sebab hidup kami ini adalah hidup karena percaya, bukan karena melihat “. (II Kor. 5:7).

4. Supaya manusia beroleh pengampunan dosa.
Yesus menyatakan diriNya sebagai terang dunia agar manusia beroleh pengampunan dosa daripada Allah. Paulus menegaskan kepada orang-orang di Efesus, “Memang dahulu kamu adalah kegelapan, tetapi sekarang kamu adalah terang di dalam Tuhan. ...” ( Efsus 5:8).

5. Supaya manusia beroleh kekayaan rohani.
Hidup mendapat bagian dalam apa yang ditentukan untuk orang-orang yang dikuduskan!. Beroleh kekayaan rohani yang daripada Tuhan untuk setiap orang yang mau percaya kepadaNya. Amin. NDP

 

No comments:

Post a Comment