CUKUPLAH KASIH KARUNIA - KU BAGIMU (1)


“Tetapi jawab Tuhan kepadaku: "Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna."  ( 2 Korintus 12:9 )

Minggu ini Berit membahas tema berkenaan dengan “Cukuplah Kasih KaruniaKu Bagimu”. Teriakan Paulus yang berulang kali disampaikan kepada Tuhan oleh karena duri yang ada dalam dagingnya serta utusan Iblis yang menggocohnya di jawab oleh Tuhan dengan ucapan “Cukupah kasih kuniaKu bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasaKu menjadi sempurna”.
               
Apa itu kasih karunia?. Kasih karunia atau anugerah merupakan Intisari dari kehidupan Kristen!. 
Ada beberapa istilah yang dipakai dalam Alkitab.
1.     KHEN: Pemberian yang Cuma-Cuma yang Superior (Allah) kepada yang inferior (manusia), yaitu pemberian yang tidak diduga serta disangka-sangka oleh si penerima (tidak ada kelayakan dari si penerima). Istilah ini lebih cenderung memberi pengertian pembebasan dosa ke dalam hidup kekal dan pembebasan dari kesulitan hidup sehari-hari.
2.    CHARIS : Pemberian Cuma-cuma Allah dalam pribadi Yesus melalui pengorbanannya sebagai anugerah (II Kor. 8:9) yang di terima mutlak gratis (Roma 6:11).

Jawaban Yesus kepada Paulus memiliki beberapa makna:
1.     Kasih Karunia Allah lebih dari segala sesuatu!.
Penderitaan maupun penyakit serta masalah apapun yang Paulus hadapi tidaklah sebanding dengan anugerah yang Paulus terima dari Tuhan. Kasih karunia yang dilimpahkan Tuhan kepada Paulus tidak dapat dinilai dengan emas dan perak!. Bahkan lebih dari segala sesuatu apapun yang ada di dunia!.
2.     Kasih Karunia Allah tidak pernah berkurang!.
Sekalipun Tuhan ijinlah Paulus ada dalam kesukaran, dan penderitaan serta sakit-penyakit dialami... namun kasih karunia Allah itu tidak menjadi berkurang atau akan meninggalkannya. Sebaliknya, justru dalam kelemahan dan kesesakan Paulus tersebut...maka kuasa Allah itu akan ditambahkannya.

Saudara yang terkasih dalam Tuhan, Tuhan berjanji, "Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau." (Ibrani 13:5b). Apapun yang menjadi pergumulanmu, dan apapun yang sedang terjadi dalam hidpmu...  jangan pernah putus asa dan meninggalkan Tuhan!. Sebab kasih karuniaNya selalu ada dan tersedia bagi kita yang percaya dan mau berharap kepadaNya. Amin. NDP

No comments:

Post a Comment