ROH KUDUS MEMBERI HIDUP ORANG-ORANG PERCAYA (4)



Roma 8:2 
“Roh yang memberi hidup telah memerdekakan kamu dalam Kristus dari hukum dosa dan hukum maut ”

Ada 2 nuts yang perlu digaris bawahi Roh Kudus  dan memerdekakan .
Roh Kudus adalah Allah, "Pribadi" ketiga dari Trinitas. Sebagai Allah, Roh Kudus dapat betul-betul berfungsi sebagai Penghibur dan Penasehat yang Yesus janjikan.
Kisah 1:8 “Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau roh kudus turun  ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksiKu  di Yerusalem dan seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi”.

Hari ini kita merayakan hari Pentakosta, dimana terjadi Pencurahan Roh Kudus, sepuluh hari setelah kenaikan Yesus ke surga atau lima puluh hari setelah peristiwa kebangkitan Yesus dari kematian. 

peristiwa Pentakosta, adalah dimana Allah ingin tinggal di dalam hidup kita melalui Roh Kudus. Roh itu  datang seperti api di dalam hati kita. Api yang membersihkan dari dosa-dosa, itulah yang dinamakan Api kasih Allah, Lidah api Roh Kudus membuat para pengikut Yesus berbicara di dalam bahasa-bahasa yang baru. Mereka bersaksi tentang perbuatan-perbuatan besar Allah  dan orang-orang yang mendengar mengerti apa yang mereka katakan, masing-masing berbicara  dalam  bermacam-macam bahasa.

Api Roh Kudus bisa menjadi padam, kalau kita dikuasai oleh keduniawian, kita akan terlena dengan kesibukan rutinitas hidup sehari-hari yang akhirnya lupa untuk hidup bersekutu dengan  Tuhan. Andalkanlah kuasa Roh Kudus,  Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban. Kita buka Galatia 5: 16-24

Bagaimana kita mengobarkan api Roh Kudus? Yaitu dengan melekat dengan Sumber Api (Roh Kudus).
Seperti yang Tuhan Yesus katakan dalam Yohanes 15:4-5 “Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku. Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa”.
2 Korintus 3:17 ”Sebab Tuhan adalah Roh, dan dimana ada Roh Allah, disitu ada Kemerdekaan”. 
Yohanes 14:16. Apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran.
Tuhan Yesus Memberkati (Ev.Mons)

No comments:

Post a Comment