JALAN ORANG BENAR BERTAMBAH TERANG ( 5 )

“ Tetapi jalan orang benar itu seperti cahaya fajar, yang kian bertambah terang sampai rembang tengah hari.´(Amsal 4:18)


Istilah jalan (ibrani = derekl) merupakan lambang dari sikap hidup dan tingkah laku seseorang. Orang yang berhikmat disamakan dengan orang yang berjalan di jalan lurus atau benar, yang akan menghindarkan orang itu dari bermacam masalah. Sikap hidup dan tingkah laku yang benar ini menuntun orang pada kehidupan, Sehingga jalan orang benar digambarkan seperti cahaya fajar dan terang; seperti cahaya mentari di pagi hari yang semakin lama semakin terang  bercahaya dan kesempurnaannya pada tengah hari. Bahkan hidup orang benar  semakin lama semakin terang, semakin bercahaya, semakin diberikan kemuliaan yang lebih besar baik dalam hidup pribadi maupun dalam  rumah tangga, dalam bisnis, dalam pelayanan  penuh dengan kemuliaan. Maka tidak ada cara lain selain memposisikan diri kita sebagai orang benar dan berjalan dijalan orang benar serta hidup kita  harus senantiasa diterangi oleh pengajaran firman Tuhan.


Banyak yang mengaku orang kristen  tetapi tidak hidup di dalam kebenaran, bahkan selalu merugikan orang lain. Mereka lupa, bahwa sebenarnya dia adalah anak-anak Allah tetapi menyalah-gunakan, karena sifat ego mereka mempunyai  persepsi  yang salah, mereka  berbuat dosa tidak  merasa  bersalah,   karena yang penting percaya Yesus , walaupun perintah Tuhan Yesus tidak pernah mereka  laksanakan, tetap saja mereka merasa benar, padahal orang semacam ini adalah orang bebal. Roma 3:10-12 ”seperti ada tertulis: "Tidak ada yang benar, seorang pun tidak.Tidak ada seorang pun yang berakal budi, tidak ada seorang pun yang mencari Allah. Semua orang telah menyeleweng, mereka semua tidak berguna, tidak ada yang berbuat baik, seorang pun tidak.”                                                                                                                  


Semua manusia sudah jatuh ke dalam dosa dan kehilangan kemuliaan Allah. Semua keturunan Adam sudah kehilangan kebenaran. Karena dengan darah Yesus yang dicurahkan di atas kayu salib yang mengubah status kita dari orang berdosa hingga menjadi orang benar.


Mungkin masa lalu kita tidak baik, masa lalu yang penuh dengan berbagai macam dosa, tapi ketika darah Yesus bekerja dalam hidup kita, maka kita telah menjadi orang benar. Tuhan Yesus sudah membuang dosa atau menghapus dosa kita melaui pengorbanan-Nya diatas kayu salib. Jangan biarkan kita dikuasai oleh hawa nafsu kita, karena kalau kita biarkan itu terus maka kita tidak bisa bangkit. Ingat, iblis berusaha mencari cara untuk membuat kita hancur sehingga kita tidak bisa datang kepada Tuhan. Iblis berusaha terus untuk menjatuhkan kita.  Oleh sebab itu setiap kita orang kristen harus tetap waspada dan berjaga.  (Ev.Mons)


No comments:

Post a Comment