HIDUP TIDAK TERGANTUNG PADA KEKAYAAN ( 3 )


Luk 12 :15


Menjadikan keuntungan dan kekayaan duniawi hasrat dari kehidupan adalah kesalahan fatal yang memimpin pada kerugian (Luk 12 : 20-21) kata ketamakan dalam bahasa Yunani (pleonexia) secara harafiah, berarti kehausan untuk memiliki lebih banyak, kata tamak bukan berarti mencukupi kebutuhan pribadi dan keluarga (Amsal 6;6) akan tetapi sementara kita bekerja untuk mencukupi kebutuhan kita, kitapun juga harus kaya terhadap Allah dengan cara mencari dahulu kerajaanNya dan kebenaranNya (ayat 31 ), Matius 6:33 . Masing-masing kita harus  memperhatikan  peringatan Yesus dan menyelidiki diri apakah sifat kepentingan dan tamak di dalam hati kita.

1.   Pandangan Yesus tentang kekayaan (Luk 18 : 24-25 ) “ Lalu Yesus memandang dia dan berkata, Alangkah sukarnya orang yang beruang  masuk kedalam kerajaan Allah , Sebab lebih mudah seekor unta masuk melalui lobang jarum , dari pada seorang kaya masuk kedalam kerajaan Allah : mengapa ?

a.    Kekayaan merupakan suatu rintangan terhadap keselamatan ( Matius 19 : 24, 13 : 22), dimana hartamu berada di situ pula hatimu ada itulah sebabnya Yesus berkata demikian .

b.   Kekayaan memberi rasa keamanan yang palsu (Luk 12 : 15-12 ), menipu ( Matius 13 : 22 ) dan menuntut kesetiaan penuh dari hati kita ( Matius 6 :21 )

c.    Sering kali orang kaya hidup seakan-akan mereka tidak perlu Tuhan dengan mengejar kekayaan mereka akan tercekik (Luk 8 :14) dan mereka dibawa ke dalam pencobaan  dan keinginan yang mencelakakan  (1Tim 6:9) yang mengakibatkan mereka meninggalkan iman yang menyelamatkan (1 Tim 6 : 10) terlalu sering orang kaya mengambil keuntungan dari yang miskin ( Yak 2 :5-6)


2.   Bolehkah Orang Kristen Kaya ?

a.    Boleh tetapi kekayaan itu di dapat dari jalan yang sesuai kehendakNya.

b.   Ketika Tuhan berkati dengan lebih jaganlah hati kita melekat pada kekayaan ,tetapi hati kita lebih melekat pada Tuhan.

c.    Harta kekayaan merupakan titipan dari Tuhan kita hanya di percayai untuk mengelola. Contoh Abraham, salomo , dll

d.   Janganlah Hati Tuhan menjadi cemburu atas kita  karena orang Kristen tidak boleh berpegang erat pada materi tetapi mereka menempatkan sumber penghasilan ke dalam tangan Tuhan utk di pergunakan di dalam Kerajaan Allah, sehingga kita dapat memahami maksud Yesus datang ke bumi.


Disinilah maksud dari berit minggu ini Hidup Tidak Tergantung pada kekayaan. Biarlah hidup kita hanya tergantung pada Tuhan. Karena kekayaan yang sejati bagi orang kristen adalah iman, kasih yang di nyatakan dalam penyangkalan diri dan hal yang mengikut Yesus. Orang yang benar-benar kaya adalah mereka yang telah memperoleh kemerdekaan dari perkara-perkara duniawi oleh kepercayaan kepada Yesus yang tak pernah meninggalkan kita. (PS)

No comments:

Post a Comment