JALAN ORANG BENAR BERTAMBAH TERANG ( 3 )

“ Tetapi jalan orang benar itu seperti cahaya fajar, yang kian bertambah terang sampai rembang tengah hari.´ (Amsal 4:18)

Kitab Amsal ini ditulis oleh seorang raja yang bernama Salomo dalam usia setengah tua yang telah memiliki pengalaman hidupnya yang luas dan tahu persis apa itu kepahitan, kemanisan, kegagalan, keberhasilan rahasia hidupnya itu hanya dapat diatasi oleh ketergantungan kepada hikmat yang dari Allah. Amsal 4:5 berkata : “Perolehlah hikmat, perolehlah pengertian,.”  Amsal 4:13 “Karena dialah (yaitu hikmat dari Allah itu) hidupmu”. Yaitu jalan orang benar bertambah terang. Sesuai dengan tema kita minggu ini.

Ada dua jalur yang menuju hikmat yang dari Allah, yaitu:
  • ·   Pendidikan (yaitu pendidikan Firman Allah) yang akan memberi perubahan dan pembaharuan (baca : Ams 8 :32 – 36)
  • ·   Pengabdian (yaitu hidup dalam kebenaran-Nya) berbalik dari dosa kepada kehendak-Nya akan menghasilkan kebahagiaan dan keuntungan (Ams 3:13-15) dan janji panjang umur (Ams 3 : 16 – 17).

Jadi hikmat Allah itu tidak menyebabkan hidup kita kosong, tetapi menghasilkan buah untuk kemuliaan Allah. (Ams 4 : 23).

Faedah hikmat Allah :
1.   Hikmat Allah membawa hidup kita diperkenan oleh Tuhan.
2.   Hikmat Allah membawa masa depan yang manis dan penuh pengharapan.
3.   Hikmat Allah dapat melindungi kita dalam segala pencobaan.
4.   Hikmat Allah dapat mengalami berkat – berkat Tuhan.

Siapakah hikmat Allah itu? (1 Kor 1 : 24 , 30)

Yesuslah hikmat Allah itu bagi kita. Dalam Yesus tersembunyi segala harta, hikmat dan pengetahuan (Kol 2:3). Langkah kearah hikmat Allah yang benar ialah menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadi dalam hidup kita. Yakobus 4:8 Hikmat Allah membawa kita dalam kehidupan yang suci, yang menjadikan kita jalan orang benar bertambah terang. Tuhan Yesus sendiri berkata (Yoh 8 : 12 ) “Akulah terang dunia” dan Matius 5:14 Tuhan Yesus berkata “kamulah terang dunia”. Kita yakin orang yang percaya di dalam Yesus, hidup di dalam Yesus, bertekun didalam Yesus, jalan hidupnya menjadi jalan orang benar bertambah terang. Amin (BS)

No comments:

Post a Comment