CUKUPLAH KASIH KARUNIA-KU BAGIMU (6)




“Tetapi jawab Tuhan kepadaku: "Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna." Sebab itu terlebih suka aku bermegah atas kelemahanku, supaya kuasa Kristus turun menaungi aku." 
( 2 Korintus 12:9 )


Penulis kitab Korintus Rasul Paulus  dalam bagian ini, ingin memberikan sebuah kesaksian  tentang pengalaman sebuah penglihatan dan pernyataan yang diterima dari Tuhan. Rasul Paulus pada dasarnya ingin bermegah atas penglihatan dan pernyataan yang dilihat mengenai seorang yang diangkat ke Firdaus ini merupan kasih karunia yang Tuhan nyatakan  tetapi Paulus tidak bermegah atas hal itu.

Ada beberapa point yang akan kita pelajari mengenai tema perenungan kita minggu ini berkenaan cukuplah kasih karuniaku bagimu.
Kasih karunia Tuhan itu nyata. Dalam bahasa Yunani kasih karunia χαρις charis yang berarti karahiman, belas kasihan rahmat. Paulus dalam bagian ini mulai mengerti tenang pernyataan-penyataan istimewa dari kehadiran Tuhan, kuasa atau kemuliaan Allah, justru dalam kelemahan Paulus  Kuasa Tuhan semakin nyata.

 Kasih karunia Tuhan memberi Paulus kekuatan.
Paulus mengerti tentang  kasih karunia yang dinyatakan kepadanya melalui penglihatan dan pernyataan, jika ia bersaksi didepan banyak orang tentang penglihatan itu yang Paulus takutkan orang menghitungkan lebih dari apa yang dilihat dan didengar. Paulus menganggap itu sebuah kebodohan bahkan itu dapat menjadikan dia sombong atau tinggi hati, tetapi dengan penglihatan dan pernyataan itulah Paulus menjadi  tetap rendah hati dan mendapat kekuatan dari kasih karunia itu sendiri.

Kasih karunia Tuhan membuat Paulus percaya. Dalam pikiran Paulus, hanya oleh karunia Allah saja orang-orang beriman terpanggil, sama seperti dirinya, dan karena itu, kita tidak dapat membanggakan diri (Rom 3:27). Paulus harus memuliakan Allah karena karunia keselamatan-Nya yang cuma-cuma, yang tidak dapat diperoleh berdasarkan upayanya sendiri.


Pernyataan Cukuplah kasih karuniaKu bagimu merupakan ‘hukum karunia’ (Roma 5:21), kasih karunia akan berkuasa oleh kebenaran untuk hidup yang kekal, oleh Yesus Kristus, Tuhan kita. Paulus juga menyatakan bahwa karunia tersebut diterima pula dalam penderitaan (2Kor 12:9) karena hal itu merupakan karya Roh Kudus, yang mengajarkan kemurahan hati orang-orang percaya (Bb).

No comments:

Post a Comment