CUKUPLAH KASIH KARUNIA-KU BAGIMU (4)



“Tetapi jawab Tuhan kepadaku: "Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna." Sebab itu terlebih suka aku bermegah atas kelemahanku, supaya kuasa Kristus turun menaungi aku." ( 2 Korintus 12:9 )

Hidup saudara dan saya merupakan produk anugerah Allah!. Oleh anugerahNya saja kita ada, serta dapat hidup. Paulus berkata kepada orang-orang Kristen di Efesus, “ Kamu dahulu telah mati karena pelanggaran-pelanggaran... tetapi Allah yang kaya dengan rahmat, oleh karena kasih-Nya... telah menghidupkan kita bersama-sama dengan Kristus,... sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman:... karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup didalam-nya.”  (Ef 2:1-10). 

Ada beberapa hal penting yang dapat kita renungkan melului nats itu.
1.    Kita ini buatan Allah!
Oleh kasih karuniaNya manusia diciptakan Tuhan pada hari yang ke 6. Dibuat dari debu tanah serta dibentuk oleh tanganNya sendiri. Diciptakan segambar dan serupa denganNya (Kej 1:26-27), dihembusi nafasNya (Kej 2:7), serta ditempatkan ditaman Eden (Kej 2:8). Manusia diberikan tugas yang mulia untuk berkuasa atas ciptaanNya yang lain (Kej 1:28). Manusia hidup dalam anugrahnya dengan tujuan hidupnya memuliakan Tuhan, serta hidupnya menjadi berbahagia.

2.    Kita ini diciptakan dalam Kistus Yesus!
Manusia ahirnya jatuh ke dalam dosa oleh karena melanggar Allah dengan makan buah pohon pengetahuan yang baik dan yang jahat (Kej 3). Namun karena kasih-Nya, Allah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal Yesus Kristus untuk datang kedalam dunia, hingga mati diatas kayu salib untuk menebus dosa-dosa manusia.  Hingga akhirnya manusia beroleh keselamtan dalam hidupnya (Rom 5:8-11). Oleh anugrahnya maka kita beroleh pembaharuan hidup untuk menjadi anak-anak-Nya (Yoh 1:12). Serta ahli waris-Nya (Rom 8:17).

3.    Kita dipanggil untuk melakukan pekerjaan baik! 
Oleh anugrah-Nya kita dipanggil serta dipilih untuk mengerjakan pekerjaan baik. Kata “baik” dipakai bukan “kalos” melainkan “agatos” yaitu perbuatan baik menurut standar Tuhan (kehendak Tuhan ). Jadi pekerjaan yang seperti Tuhan kehendaki, bukan yang seperti manusia dan dunia kehendaki.


            
Saudara yang terkasih, kita hidup karena kasih karuniaNya!. Kiranya anugrahNya selalu melingkupi dan memenuhi kehidupan saudara dan saya sebagai milikNya. Amin NDP

No comments:

Post a Comment