IA MENJADIKAN MATA HATIMU TERANG (5)

“Dan supaya Ia menjadikan mata hatimu terang ,agar kamu mengerti pengharapan  apakah yang terkandung dalam panggilanNya,betapa kayanya kemuliaan bagian yang ditentukan Nya bagi Orang orang Kudus.  Efesus 1:18

Kata Mata hati menjadi dasar dari ayat  diatas, Mata hati dalam Harfiah ibrani Kaved:  Berat: Dihormati, hati dijadikan  tempat  Ramalan masa depan: Su, jasmani,Intelek. Istilah ini dipakai sebagai pusat, harfiah berarti jantung, mata hati (Lev):Lev inilah yang membentuk mahlukh hidup, Lev juga yang memerintah suatu tindakan. Mata Hati adalah tempat Ruakh, berfikir, Perasa, kesadaran, penginderaan. “Menjadikan mata hatimu terang.”

Mata Hati mu, seluruh pikiranmu. Diterangi, Roh yang diterjemahkan iluminasi atau dipenuhi dengan terang. Mata Hatimu. Disini diterjemahkan, “Understanding” atau “Pengertian.” Namun kata ini banyak kali digunakan dalam bahasa Grika Klasik. Misalnya: Plato menggunakan frase ini sebagai, “mata hatimu.” Ovid dalam deskripsi Pythagoras berkata, “Dengan pikiran, ia mendekati dewa-dewa menembus jauh ke surga. Dan natur apa yang menghalangi penglihatan manusia, dia melukiskan seketika itu juga dengan mata Hati nya, mata jiwanya, mata pengertiannya.

Melihat sesuatu yang terbaik  adalah lewat terang hati kita yang tidak pernah membohongi kita, yakni melihat dengan mata hati kita. Ini adalah sesuatu yang tidak ada bandinganya, tidak ada yang lebih tinggi lagi keagungan karunia Allah, yang telah  menganugrahkan kepada manusia yang Dia ciptakan. Perasaan, intuisi pemahaman, mengetahui hal-hal, melihat hal-hal  supranatural dan melihat semua itu dengan mata hati.

Roh Kudus menerangi hati kita. Dia memberi iluminasi kepada kita. Dia menunjukkan kepada kita kebenaran, prinsip dan tujuan yang agung ini ada di dalam pikiran Allah bagi kita dan bagi dunia di sekitar kita. Roh Kudus yang memberikan arti, tujuan di balik semua fakta-fakta yang dapat kita lihat. 2 Kor 4:6 berkata, “Sebab Allah telah berfirman, dari dalam gelap akan terbit terang!” Ia juga akan membuat terang-Nya bercahaya di dalam hati kita, supaya kita beroleh terang dari pengetahuan tentang kemuliaan Allah yang nampak pada wajah Kristus. Roh Kudus menerangi hati kita dan memberi kita pengetahuan tentang Allah, sebuah pokok kebenaran yang agung, yang hanya dapat kita lihat dengan mata hati kita.  Roh Kuduslah yang melakukannya untuk kita. Hanya Roh Kudus yang mengerti hal-hal dari Allah dan menyelami kedalaman hal-hal yang datang dari Allah. Amin (Ev.Simons)

No comments:

Post a Comment