HIDUP TIDAK TERGANTUNG PADA KEKAYAAN ( 2 )


“Kata-Nya lagi kepada mereka: "Berjaga-jagalah dan waspadalah terhadap segala ketamakan, sebab walaupun seorang berlimpah-limpah hartanya, hidupnya tidaklah tergantung dari pada kekayaannya itu."


( Lukas 12:15 )


Perkataan Yesus kepada orang tersebut berkenaan dengan “Hidup Tidak Bergantung Pada Kekayaan” adalah orang itu lebih fokus kepada Tuhan sebagai sumber kekayaan daripada bergantung pada kekayaan itu sendiri. Sebab jika hanya hidup bergantung pada kekayaan saja maka hidupnya akan menjadi kecewa.


Ada beberapa hal penting yang dapat kita renungkan melalui tema diatas.

1.    Kekayaan itu tidaklah kekal (Amsal 23 : 4 – 5)

Kekayaan itu bisa datang kepada siapapun juga, namun kekayaan juga dapat pergi dan meninggalkan kita dalam sekejap. Salomo menggambarkan seperti seekor rajawali yang terbang tinggi dengan sayapnya untuk meninggalkan kita.

2.    Kekayaan bisa membuat kita jatuh dalam pencobaan (1 Timotius 6 : 9)

Harta dan kekayaan dapat membuat kita jatuh kedalam pencobaan!. Bahkan menjadikan hidup kita dijerat oleh nafsu yang jahat!. Hal itu akan menjadikan hidup kita runtuh serta binasa.

3.    Kekayaan berakibat kejahatan (1 Timotius 6:10).

Paulus menegaskan kepada anak rohaninya Timotius supaya hati-hati dengan uang dan kekayaan!. Kekayaan dapat menjadikan kita dapat menyimpang dari iman kepada Tuhan.



Saudara yang terkasih dalam Tuhan, hati-hati serta waspadalah terhadap kekayaan. Sebab, hal itu dapat membuat hidup kita menjadi jauh dari pada Tuhan. Bahkan ketika kita hidup bergantung kepada kekayaan, maka terhadap yang lain kita menganggap tidak berarti serta penting. Hubungan dengan Tuhan menjadi jauh... bahkan sikap dengan keluarga serta yang lain tidak lagi harmonis. Amin. NDP

No comments:

Post a Comment