IA MENJADIKAN MATA HATIMU TERANG (6)

Dan supaya Ia menjadikan mata hatimu terang, agar kamu mengerti pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilan-Nya: betapa kayanya kemuliaan bagian yang ditentukan-Nya bagi orang-orang kudus, Efesus 1:18
 
Apabila kita hidup sehat secara rohani hendaklah kita meneladani Rasul Paulus dengan menyeimbangkan pujian dengan doa. Di kitab Efesus Rasul Paulus terus memuji Allah karena didalam Yesus Kristus segala berkat rohani sudah di karuniakanNya. Dia juga terus berdoa agar kepenuhan karunia itu dapat diterima bukan hanya untuk dirinya sendiri tetapi bagi semua orang. Lebih dari itu juga kita jemaat Tuhan saat membaca surat ini diberi Roh hikmat dan Wahyu, bukan ramalan untuk mengenal Tuhan dengan baik dan benar, bukan hanya berdasarkan akal budi, logika manusia tetapi juga berdasarkan iman dan pengharapan.

    Didalam nats ini pengharapan dalam panggilanNya, yaitu pengharapan yang tidak mengecewakan, sesuai Ibrani 6: 19-20 “ pengharpan itu adalah sauh (jangkar) yang kuat dan aman bagi jiwa kita, yang telah dilabuhkan sampai kebelakang tabir, di mana Yesus telah masuk sebagai Perintis bagi kita, ketika Ia, menurut peraturan Melkisedek, menjadi Imam Besar sampai selama-lamanya.” Jiwa kita tidak terombang-ambing oleh gelora ombak dan badai kehidupan yang akan selalu menerpa kehidupan kita.

Dan ayat juga menyinggung kekayaan sebagai warisan mulia untuk orang-orang percaya, berupa kehidupan yang kekal bersama Tuhan. Karena Tuhanlah yang selalu membimbing hidup kita sehingga mata hati kita terang di dalam kehidupan kita. Disini ada beberapa keungulan Kristus.
1.    Kristus bangkit dari antara orang mati,
2.    Kristus duduk di sebelah kanan Bapa di sorga (simbol yang diandalkan dan dikuasakan),
3.    Kuasa-Nya lebih tinggi dari segala pemerintah dan penguasa,
4.    Nama-Nya lebih tinggi dari nama yang dapat disebut, baik di dunia ini maupun di dunia yang akan datang,
5.    Segala sesuatu (termasuk maut) telah diletakkan Bapa di bawah kaki Kristus,
6.    Kristus adalah kepala dari segala yang ada. Kita, sebagai gereja ikut ambil bagian di dalam kuasa-Nya.

Dengan keenam keunggulan Tuhan, kita harus memahami panggilanNya. Dalam panggilanNya Yesus menjadikan mata hati kita terang didalamNya. Dimana tema berit kita minggu
 yang mengatan jalan orang benar bertambah terang. Di mana jalan orang benar selalu memiliki mata hati yang terang bagi orang-orang kudus di dalam Yesus Kristus Tuhan kita. Dengan terangnya mata hati kita, kita dapat memahami panggilan di dalam Yesus. (PA1000).

No comments:

Post a Comment