MENILAI SESEORANG DENGAN UKURAN KRISTUS (3)



Sebab itu kami tidak lagi menilai seorang jugapun menurut ukuran manusia. Dan jika kami pernah menilai Kristus menurut ukuran manusia, sekarang kami tidak lagi menilai-Nya demikian.
II Korintus 5: 16

Cara kita menilai seseorang merupakan hal yang penting dan harus kita perhatikan. Saat kita mau menjadi berkat bagi orang lain, maka cara menilai seseorang, harus sesuai dengan kebenaran Firman Tuhan yaitu menilai dengan ukuran Kristus. Tidak sedikit orang memberikan penilaian hanya menurut pandangannya sendiri yang menurutnya benar tetap belum tentu dihadapan Tuhan Ams 16:2   Segala jalan orang adalah bersih menurut pandangannya sendiri, tetapi Tuhanlah yang menguji hati.

TUHAN MELIHAT HATI 1Sam 16:7  Tetapi berfirmanlah TUHAN kepada Samuel: "Janganlah pandang parasnya atau perawakan yang tinggi, sebab Aku telah menolaknya. Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi TUHAN melihat hati."  cara menilai manusia biasanya dipengaruhi dengan apa yang dilihat secara fisik. Sehingga banyak orang hanya bergaul dengan siapa yang dianggapnya layak. Membuat klasifikasi penilaian yang tidak sesuai dengan kebenaran. Biarlah kita belajar terus untuk menilai orang dengan benar dan menerima siapapun orang disekitar kita.

SAMA MILIK KRISTUS  2Kor 10:7  Tengoklah yang nyata di depan mata kamu! Kalau ada seorang benar-benar yakin, bahwa ia adalah milik Kristus, hendaklah ia berpikir di dalam hatinya, bahwa kami juga adalah milik Kristus sama seperti dia. Jangan sampai kita salah menilai bahwa setiap anak Tuhan sama-sama menjadi milik Kristus. Apapun keberadaannya status ekonomi atau sosialnya. Bahkan kemampuan intelektual seringkali menjadi alasan penilaian terhadap seseorang.

BERHARGA DIMATA ALLAH 1Ptr 3:4  tetapi perhiasanmu ialah manusia batiniah yang tersembunyi dengan perhiasan yang tidak binasa yang berasal dari roh yang lemah lembut dan tenteram, yang sangat berharga di mata Allah. sebagaimana Tuhan menilai manusia dari perhiasan batiniah  yang sangat berharga maka kitapun harus dapat menilai sifat-sifat kerohanian yang dimilikinya. Beberapa hal yang kita renungkan biarlah menjadi perhatian khusus didalam mengenal seseorang, sebab Tuhan sudah memberikan cara dan teladan dalam menilai seseorang, agar kita juga tetap menjadi berkat. Amin (LGS)

No comments:

Post a Comment