MENILAI SESEORANG DENGAN UKURAN KRISTUS (2)



2 Korintus 5 : 16

Memahaman tentang penilaian seseorang dapat di dasari sebagai berikut :
1.  Manusia adalah mahkluk  ciptaan Allah yang memiliki dimensi  individu dan dimensi sosial. ( Kejadian 1 : 27-28 ) “Maka  Allah menciptakan manusia itu menurut gambarNya, menurut gambar Allah diciptakanNya laki-laki dan perempuan diciptakanNya mereka. Allah memberkati mereka lalu Allah berfirman kepada mereka “ beranak cuculah dan bertambah banyak, penuhilah bumi dan taklukanlah itu…” ( Kejadian 2 : 18 ) “Tuhan Allah berfirman “ tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja, Aku akan menjadikan penolong baginya yang sepadan dengan Dia “

2.  Sosiologi, antropologi, Theologi. Psikologi dll.
Dari beberapa cabang ilmu di atas, ilmu-ilmu itulah yang dapat memberikan sebuah penilaian perilaku, sikap , perbuatan, sepiritualitas dll terhadap penilaian kepada sesamanya baik secara negatif maupun positif.

3.  Cara pandang manusia yang dapat menentukan penilaian terhadap sesamanya entah penilaian secara positif maupun negatif

Bagaimana menilai seseorang dengan ukuran Kristus ?
1.   Matius 12 : 12, Markus 5 :1-20 “ Manusia adalah mahkluk yang paling berharga bila dibandingkan dengan ciptaan Tuhan lainnya.
2.  Yesaya 43 : 21 “ ..berharga dimata Tuhan..)

Bagaimana dengan Hidup kita ?

Nilailah seseorang seperti kristus menilainya , Bahwa manusia itu berharga di mata Tuhan dan mulia dalam pemandangan Allah (PS)

No comments:

Post a Comment