AMPUNILAH SEORANG AKAN YANG LAIN (2)

 ( Kolose 3:13 )

Urusan pengampunan adalah salah satu penekanan penting dari ajaran Tuhan Yesus, mengapa ?
1. Karena Kristus terlebih dahulu yang telah mengampuni kita  ( Ef 4 : 32 )”Hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagai mana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu “ jadi prinsip diampuni untuk mengampuni.

2. Yesus telah mengajarkan kita bahwa bila tidak mengampuni, maka Bapa di surga juga tidak akan mengampuni (Mat 6 : 14) ”Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang. Bapamu yang di surga akan mengampuni kamu juga “. Suatu penekanan penting bahwa urusan ampun dan mengampuni selalu di kaitkan Bapa di surga. Karena pengampunan telah menjadi sebuah ketentuan yang tegas dan dan keras.

3. Pengampunan membuat kita berdamai dengan Bapa dan dengan sesama ( Roma 5 : 9,10 ) “Lebih-lebih, karena kita sekarang telah di benarkan oleh darahNya, kita pasti akan diselamatkan dari murka Allah “ Pengampunan adalah jalan terbaik untuk berbaikan dengan Tuhan dan sesama.

Yesus juga pernah berkata kepada murid-murid bahwa kita harus mengampuni 70 x 7 kali artinya :
1. Urusan pengampunan itu tidak ada batasnya walaupun kesabaran kita terbatas, tetapi dalam mengampuni tidak ada batasnya.
2. Orang berbuat salah bukan urusan kita mengomentari kesalahan orang lain, justru yang ada adalah kesediaan dan kerelaan kita segera melepaskan pengampunan (Kolose 3: 13) “Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang  akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian “
3. Pengampunan sejati adalah ketika pada saat kematian dan pengorbanan Yesus di atas kayu salib.
Jadi sikap mengampuni seorang akan yang lain merupakan sikap terpuji yang dapat mencerminkan kehidupan orang percaya kepada Kristus mengapa demikian?  karena Tuhan adalah Maha pengampun. Oleh sebab itu Ampunilah seorang akan yang lain.(PS).